Hari Ini: Hari Bumi

Hari Ini: Hari Bumi
ISTOCK

#EarthDay #HariBumi #CintaiBumi

Apa itu Hari Bumi?

Hari Bumi dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1970 sebagai sebuah hari untuk merayakan planet ini dan menyemangati penghuni Bumi untuk lebih akrab dan ramah terhadapnya. Sekarang, hal ini menjadi perayaan tahunan dan secara umum dianggap sebagai awal dari gerakan cinta lingkungan modern. Biasanya di hari ini dilakukan berbagai aktivitas, termasuk menanam pohon, mengangkat isu naik sepeda, menjadi sukarelawan proyek-proyek hijau, dan mengurangi jumlah energi dikonsumsi manusia.

Hari Bumi didukung oleh banyak nama-nama terkenal, termasuk Leonardo DiCaprio, Emma Watson, Miley Cyrus, Mark Ruffalo, Adrien Grenier, Matt Damon, dll.

Kapan Hari Bumi?

22 April, setiap tahun.

Bagaimana ceritanya Hari Bumi dimulai?

Mari memutar balik waktu. Hari Bumi dimulai oleh Gaylord Nelson, saat itu merupakan seorang Senator Amerika dari Wisconsin, setelah menyaksikan perusakan akibat tumpahan minyak pada tahun 1969 di Santa Barbara, California. Terinspirasi dari gerakan anti perang para mahasiswa, Gaylord sadar bahwa jika dia bisa menggabungkan semangat tersebut dengan kesadaran publik yang mulai muncul, ini kemungkinan bisa mendorong isu tersebut menjadi agenda politik nasional. Lalu, terpilihlah tanggal 22 April sebagai Hari Bumi karena jatuhnya persis di antara libur musim semi dan ujian akhir.

Perayaan pertama Hari Bumi melibatkan 20 juta orang Amerika dan tak lama kemudian keluarlah peraturan super penting, seperti Clean Air Act, Clean Water Act, Endangered Species Act dan diikuti oleh berbagai peraturan krusial lingkungan lainnya. Pada tahun 1990an, Hari Bumi mendunia dengan dirayakan oleh 200 juta orang dari 141 negara, dan membuat isu lingkungan menjadi wacana internasional.

Lima Fakta Penting tentang Hari Bumi

  • Satu milyar orang dari seluruh dunia terlibat dalam Hari Bumi sehingga membuatnya sebagai peringatan sipil terbesar di dunia.
  • Perayaan ini mempunyai bendera sendiri yang memperlihatkan gambar Bumi diambil dari pesawat luar angkasa Apollo 17 dalam perjalanannya ke Bulan.
  • 120 juta jiwa berpartisipasi merayakan hari pertama Hari Bumi pada tahun 1970.
  • Tidak ada yang tahu dari mana asal nama dan tanggal tersebut karena pihak penyelanggara tidak bisa mengingatnya.
  • Pada tahun 2008, untuk merayakan Hari Bumi, Disney merilis Disneynature, sebuah saluran yang mendedikasikan siarannya untuk film-film dokumenter lingkungan.

Cara agar Terlibat