Hemat VS Pelit, Tipe yang Manakah Kamu?

Hemat VS Pelit, Tipe yang Manakah Kamu?
ISTOCK

Tipe yang manakah kamu: Hemat atau pelit? Yep, ternyata hemat dan pelit itu berbeda lho. Apa saja perbedaannya?

Hemat pangkal kaya, begitulah kata peribahasa. Sebagian orang tentunya setuju bahwa hidup itu hemat. Tapi sebagian lainnya berpendapat bahwa hemat itu identik dengan pelit. Karena hidup hemat dianggap dengan membatasi diri dalam segala hal dan tidaK bisa menikmati sesuatu dengan maksimal. Perlu kamu ketahui bahwa hemat dan pelit sebenarnya memiliki perbedaan.

Orang yang berhemat tetap saja mengeluarkan uang namun mereka lebih memikirkan keuntungan yang akan didapatkan. Biasanya dengan menjalankan gaya hidup hemat, kita juga akan belajar untuk lebih menghargai uang yang didapatkan dengan susah payah. Sedangkan, kalau pelit, mereka benar-benar tidak ingin mengeluarkan uang sedikit pun, padahal untuk kesenangan pribadinya.

Memang, hemat dan pelit itu sekilas mirip, karena sama-sama memiliki kehati-hatian dalam menggunakan uang. Tapi ternyata kedua hal ini berbeda. Inilah kelebihan berhemat (dibanding pelit). 

  • Memilih yang Paling Murah Tidak Melulu Identik dengan Hemat

img

Orang yang hemat memang sedikit membatasi pengeluaran keuangan. Meski begitu, ia tetap mempertimbangkan kualitas sebagai patokan pertama memilih suatu hal, misalnya kamu ingin berhemat membeli sebuah TV, kamu berpikir cukup membeli TV yang harganya murah, tapi bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Jika dilihat dari kualitasnya, harga TV yang lebih mahal tentu akan memiliki kualitas yang lebih bagus dan bisa lebih tahan lama. Walaupun kamu membeli TV murah, sebaiknya pertimbangkan kalau nantinya mengalami kerusakan. Kamu juga harus mempersiapkan budget khusus untuk itu. Kalau begitu, lebih baik membeli TV yang berkualitas baik, bukan?

  • Melakukan Pertimbangan = Melakukan Penghematan

img

Dengan menjalankan gaya hidup hemat, kita akan melakukan banyak pertimbangan, khususnya ketika akan berbelanja. Pengeluaran sekcil apapun akan sangat dipertimbangkan saat menjalankan pola hidup hemat. Menjalankan pola hidup hemat sama dengan bijak dalam menggunakan uang.

  • Ingin Merdeka Finansial? Mulailah dengan Berhemat

img

Terbukti bahwa dengan menjalankan hidup hemat, kamu akan bebas secara finansial. Kenapa? Karena dengan begitu, kamu tidak akan terbebani dengan gay hidup yang semakin banyak hal. Dengan berhemat kita akan jarang nongkrong di kafe, pergi nonton dibioskop setiap akhir pekan, dan lebih suka menabungkan uangnya. Tanpa sadar hal ini akan membawa kita untuk terbebas dari masalah finansial.

  • Berhemat Bisa Membuat Kreatif

img