Ini Mungkin Penyebab Kamu Belum Hamil

Ini Mungkin Penyebab Kamu Belum Hamil
iSTOCK

Sekarang kamu tahu.

Satu pertanyaan yang mungkin menggerogoti dan membuatmu susah tidur sekarang ini: kok belum hamil, ya? Padahal sudah menikah beberapa tahun, sangat ingin memiliki momongan, dan sudah mencoba beberapa ramuan yang diberikan oleh ibu, tetangga, kenalan di kelas yoga. Namun, belum ada hasilnya. 

daihatsu banner

“Penyebab perempuan tidak bisa hamil dengan cepat itu ada banyak ya,” kata dr. Beeleonie, Sp.OG., seorang Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Hermina Kemayoran, Jakarta. Ia melanjutkan, “tentunya, selain sel telur yang berkurang. Ada yang harus kita perhatikan yaitu dinding rahim yang bermasalah seperti tumbuh tumor atau miom atau adenomioma, itu akan merusak dinding rahim. Yang kedua, adanya polip pada dinding rahim itu juga menjadi salah satu penyebabnya.”

Sebut saja semua hal tersebut menurut dokter baik-baik saja, adakah penyebab lain? 

“Ada,” jawab Dr. Bee. “Salah satunya adalah saluran telur yang harus kita lihat. Misalnya, jika saluran telur tersumbat itu juga untuk berhubungan secara alami akan sangat sulit untuk mendapatkan keturunan,” sambung Bee.

Hah, ada banyak faktor ternyata. Seandaianya diberitahukan usaha yang akan dilakukan pasti akan sangat membantu. 

“Tentunya ada. Masih bisa disembuhkan,” Dr. Bee menjawab.

Apakah memakai obat? “Tergantung kasusnya seperti apa dulu. Tapi kalau kasusnya polip, miom, adenomioma yang merusak dinding rahim bisanya akan lebih efektif kalau kita melakukan tindakan operasi atau pembuangan,” ujarnya.

Jadi, jika kehamilan menjadi salah satu kekhawatiranmu saat ini, cari tahu dan gali lebih lanjut informasinya dari dokter kandunganmu.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com