Banner

Ini Untungnya Jadi Extrovert di Tempat Kerja

Ini Untungnya Jadi Extrovert di Tempat Kerja
iStock

Kamu tipe yang extrovert atau introvert? Buat yang ekstrovert di tempat kerja, ada untungnya buatmu.

Apa kamu lebih suka menyendiri atau bergaul dengan banyak orang di tempat kerja? Jika kamu tipe yang mudah bergaul dan menjadi extrovert di kantor, berbahagialah karena banyak keuntungannya.

img

Para penelti telah memusatkan perhatian pada empat keunggulan utama yang dinikmati extrovert di tempat kerja. Dibandingkan antara seorang extrovert yang banyak bicara, suka bergaul, lebih senang mengambil alih pekerjaan, mengekspresikan emosi positif, dan senang mencari pengalaman baru. Dengan seorang introvert yang cenderung pendiam atau diam secara emosional, kurang bersemangat, dan lebih sulit ditebak.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology ini menggunakan tinjauan komprehensif dari penelitian (total 91 meta-analisis) yang berkaitan dengan variabel ekstroversi dan pekerjaan. Variabel-variabel ini (total 165) mencakup hal-hal seperti motivasi, keseimbangan kehidupan kerja, kesejahteraan emosional, dan kinerja mereka.

Data pendukung diambil dari penelitian di berbagai negara, dari berbagai pekerjaan dan momen karier termasuk pendidikan, lamaran kerja, serta evaluasi pekerjaan.

Tim peneliti menemukan bahwa sang extrovert lebih tinggi diinginkan perusahaan untuk 90% variabel, yang menunjukkan keunggulan kecil terus-menerus di tempat kerja. Itu dalam empat kategori berbeda; motivasi, emosional, interpersonal, dan kinerja.

"Keempat kategori ini tampaknya benar-benar menangkap efek positif terkuat dari sang extrovert di tempat kerja," kata Wilmot selaku ilmuwan dalam penelitian tersebut.

img

Seorang karyawan yang bahagia tidak hanya puas dengan kehidupan di luar profesional tapi mereka juga cenderung bekerja lebih keras dan dianggap sebagai pemimpin yang baik. Emosi positif dalam hal ini bertindak sebagai penyangga terhadap stres atau pengalaman buruk di tempat kerja. Ini karena seorang extrovert senang berada di dekat orang lain.

Keuntungan lainnya berkaitan dengan bersosialisasi. Berdasarkan keterampilan komunikasi yang lebih kuat, ekstrovert cenderung beradaptasi lebih baik dengan situasi sosial yang berbeda dan mahir dalam persuasi sehingga mencerminkan kepemimpinan yang kuat.

Tidak hanya itu, keuntungan yang didapatkan extrovert juga terkait kinerja pekerjaan. Wilmot menunjuk penelitian sebelumnya yang menemukan hanya kesadaran dan stabilitas emosi yang secara umum menunjukkan kinerja di berbagai pekerjaan. Ini adalah kombinasi dari keunggulan sebelumnya.

"Jika kamu termotivasi untuk mencapai tujuan di tempat kerja dan merasa positif, kamu akan mudah berurusan dengan orang lain. Kamu mungkin akan berkinerja lebih baik dalam pekerjaan. Keuntungan ini tampaknya memiliki efek kumulatif atas rentang karier seorang extrovert,” ujar Wilmot.

Sambil menunjukkan semua keuntungan yang bisa dinikmati oleh seorang extrovert di tempat kerja, Wilmot mengatakan bahwa ini tidak berarti bahwa para introvert harus menafsirkan temuan ini untuk menunjukkan bahwa mereka akan berada pada posisi terendah. Ada juga banyak karakteristik lain yang berkontribusi pada kesuksesan di tempat kerja, termasuk kemampuan kognitif, kesadaran, dan cara untuk mengatur emosi negatif.

Selanjutnya: perempuan perlu tahu, cara menghilangkan lemak setelah Lebaran. Cari tahu di sini resepnya ya.