Ini Usia Paling 'Tepat' Mencoba Hamil (Menurut Sains)

Ini Usia Paling Tepat Mencoba Hamil (Menurut Sains)
ISTOCK

Dan usia paling pas menikah serta memiliki ponsel.

Hasil penelitian ini mungkin akan membuatmu... tertekan, terutama untuk mereka yang belum punya tapi ingin punya anak dan tik tok tik tok... usianya nyaris atau sudah melewati 30an. (Namun hey, bukankah itu salah satu fungsi sains: menimbulkan kepusingan?) 

daihatsu banner

Dalam sebuah artikel di Wall Street Journal yang menuliskan tentang usia yang paling tepat untuk segala sesuatu, dari mulai memiliki ponsel, ke pernikahan sampai kehamilan dan membuat keputusan-keputusan keuangan serta bodybuilding. Dijelaskan bahwa masa paling subur dalam hidup seorang perempuan adalah sebelum 32 tahun, sehingga kemungkinan suksesnya sebuah usaha hamil akan semakin besar sebelum usia tersebut. Riset ini dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologistsdan menyimpulkan bahwa 32 adalah umur ketika fertilitas mulai menurun. 

Oh, ada lagi: menurut sebuah penelitian menyarankan bahwa usia terbaik untuk menikah adalah 28 dan 32 tahun. Hal ini disimpulkan berdasarkan data perceraian, yakni kemungkinan pasangan bercerai akan berkurang saat mereka menikah di usia akhir 20an dan awal 30an. 

Angka ini sepertinya tidak berjalan paralel dengan perubahan yang terjadi dalam beberapa dekade ini di berbagai belahan dunia. Di Inggris misalnya, usia rata-rata perempuan menikah di tahun 2017 adalah 30.8 tahun (tahun 1971, 22,6 tahun). Di Jepang, satu dari tujuh wanita masih belum menikah di usia 50 tahun pada tahun 2015. Pada tahun 2016, untuk pertama kalinya dalam sejarah Amerika Serikat dilaporkan bahwa lebih banyak perempuan hamil pada usia 30an dibandingkan 20an. 

Dan seandainya kamu penasaran: usia paling tepat memiliki ponsel adalah 12 tahun dan usaha untuk membentuk badan akan sukses pada saat kamu meniup lilin ulang tahun yang ke-25. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com