Banner

Ini yang Terjadi Jika Selalu Cicil Bayar Kartu Kredit

Ini yang Terjadi Jika Selalu Cicil Bayar Kartu Kredit
Ini yang Terjadi Jika Selalu Cicil Bayar Kartu Kredit

Ketika kamu sering membayar dengan jumlah minimum? Ini yang terjadi saat kamu selalu nyicil bayar tagihan kartu kredit.

Semua orang tentu tidak ingin hidupnya diselimuti ‘utang’. Kamu bisa terlilit utang sampai meninggalkan dunia ini hanya karena selalu membayar minimum tagihan kartu kredit. Loh kok bisa?

Ini biasa dilakukan oleh milenial yang pendapatannya masih pas-pasan tapi tuntutan gaya hidup begitu besar. Kartu kredit menjadi jalan pintas demi memenuhi hasrat semata. 

Sebenarnya tak apa-apa pakai kartu kredit tapi pembayarannya disarankan tidak dicicil atau hanya minimum. Ini akan membuat jumlah utang bertambah dan bunga meningkat. 

Menurut Ted Rossman, analis situs CreditsCards, ketika melakukan pembayaran kartu kredit dengan jumlah minimum maka kamu akan berutang terus selama beberapa tahun ke depan. Bahkan ada yang berutang sampai puluhan tahun hanya karena selalu membayar cicilan dengan jumlah minimum.

“Biasanya 1% dari saldo ditambah bunga maka kamu akan berutang dalam jangka waktu lama kalau terus berulang,” ujar Rossman.

img

Duh, kalau punya utang menumpuk gimana bisa beli aset dan menabung? Makanya, cobalah tidak menggunakan kartu kredit dan sebisa mungkin membayar lunas tagihannya.

Jika tidak punya uang buat melunasinya langsung maka Rossman menyarankan membuat strategi. Targetkan berapa lama kamu mau melunasinya? Misalnya 6 bulan.

Kemudian jumlah utang dibagi dengan enam bulan (hanya contoh). Lalu coba bayar jumlah utang 3 bulan dalam sekali bayar. Berarti kamu hanya butuh dua kali bayar buat melunasinya.

“Membayar dua kali lipat pembayaran minumum bisa lebih hemat dibanding menyicilnya setiap bulan,” Rossman mengingatkan.

Setelah itu, jangan dulu menggunakan kartu kredit sampai utang benar-benar lunas. Cobalah buat resolusi hidup tanpa utang konsumtif di 2019. 

Ingat juga, jika kamu selalu terlilit utang kartu kredit maka tak akan pernah bisa menggapai perencanaan keuangan yang diinginkan.

Ayo disiplin!