Peringati Hari Korps Wanita Angkatan Laut, Inilah Fakta dan Sejarahnya!

Inilah Fakta dan Sejarah Hari Korps Wanita Angkatan Laut
Korps Wanita Angkatan Laut

Peringatan Hari Korps Wanita Angkatan Laut jatuh setiap tanggal 5 Januari tiap tahunnya. Berikut fakta dan sejarahnya.

Korps Wanita Angkatan Laut adalah sebutan untuk prajurit perempuan TNI Angkatan Laut. Pada awalnya TNI (Tentara Nasional Indonesia) hanya terdiri dari prajurit laki-laki saja. Namun akhirnya Indonesia melibatkan perempuan dalam tim pelindung negara ini. Pada tanggal 5 Januari 1963 lahir Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Pada tahun 1962 dilingkungan Angkatan Laut timbul gagasan untuk menampilkan Peranan Wanita Indonesia dalam bilang pertahanan, keamanan, khususnya dibidang Matra Laut.

Lalu apasih Korps Wanita Angkatan Laut? Berikut Woop merangkum arti, fakta dan sejarah dari HariKorps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)! 

Apa itu Korps Wanita Angkatan Laut?

Hari Korps Wanita Angkatan Laut
Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Korps Wanita Angkatan Laut adalah sebutan untuk prajurit wanita TNI Angkatan Laut. KOWAL merupakan bagian dari TNI Angkatan Laut dan setiap tanggal 5 Januari adalah hari yang diperingati sebagai hari jadi KOWAL. Ide pencetusan sebuah Korps Wanita Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.23 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan KOWAL. 

Baca juga: Wanita ini Rela Kehilangan Penghilatan Demi Sang Anak

Serajah Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Serajah Hari Korps Wanita Angkatan Laut
Serajah Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Awal pembentukan KOWAL adalah Korps yang berdiri sendiri. Dimana ide pembentukan ini dimonitori oleh Komodor Yos Sudarso, melalui surat keputusan dan kemudian ditindaklanjuti dengan perekrutan. Sebutan Korps dilingkungan KOWAL diartikan sebagai pengelompokan secara administratif dan bukan kecabangan seperti pada awal pembentukan. Pelantikan para anggota KOWAL pertama dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata di Markas Besar Angkatan Laut pada tanggal 5 Januari 1963, tanggal tersebutlah ditetapkan sebagai hari jadi KOWAL.

Pada semangat emansipasi dan kemitrasejajaran wanita dengan pria, pembinaan profesi anggota KOWAL dilakukan sesuai dengan ketentuan prajurit TNI AL pada umumnya, tapi pembinaan kodrat wanita tetap berada dibawah pembinaan khusus KOWAL.

Kedudukan Pembinaan KOWAL berada dibawah Direktorat Perawatan Personel TNI Angkatan Laut (Dirwatpersal). Nah, Apel peringatan Hari KOWAL dipimpin oleh Kepala Staf AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi. Selainnya, ada Komandan Upacara berasal dari jajaran KOWAL yakni Kadiskesal (Kepala Dinas Kesehatan TNI AL) Laksma TNI drg. Nora Lelyana. Pembentukan KOWAL mempunyai tujuan untuk memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengisi jabatan tenaga wanita Indonesia dalam rangka penyempurnaan organisasi.

Nah, berikut adalah arti, fakta dan sejarah dari Hari Korps Wanita Angkatan Laut atau yang sering disingkat menjadi KOWAL. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu, Woop Ladies!

Selanjutnya: Finlandia baru saja memiliki perdana menteri wanita termuda di dunia, yuk kenalan lebih lanjut dengan sosok tersebut!

Loading Facebook Comment ...