Banner

Jangan lembur! 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pulang On Time.

Jangan lembur! 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pulang On Time.
istock

Say no to lembur!

Sering pulang larut malam karena tuntutan pekerjaan atau sekadar merasa nyaman dengan suasana kantor? Untuk mencapai ambisi pribadi memang banyak hal yang harus dikorbankan, apalagi bagi kamu yang masih berjiwa muda dan sedang semangat-semangatnya dalam meniti karier. 

Namun hidupmu bukan hanya sekedar bekerja saja, masih banyak hal utama lainnya yaitu dirimu sendiri dan keluarga. Berikut alasan yang telah Woop rangkum agar kamu tidak hanya menghabiskan harimu di kantor.

1. Pekerjaan tidak akan pernah selesai

img

Jika kamu menganggap pekerjaan dapat diselesaikan hingga menyita semua waktumu itu adalah hal yang salah. Pada dasarnya hidup membutuhkan uang, dan untuk menghasilkan uang kamu harus bekerja.

Jadi berapa banyak waktu yang kamu luangkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu tidak akan pernah cukup karena akan selalu ada pekerjaan yang baru setiap harinya. Yang harus kamu lakukan adalah me-manage waktu dan menggunakan seefektif mungkin.

2. Family first

img

Jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu dengan orangtua dan keluargamunkarena mereka pasti juga menginginkan quality time denganmu. Ingat, keluarga adalah satu-satunya yang bisa menerima dan membantumu, bukan pekerjaanmu, bosmu, atau perusahaanmu.

3. Jangan membuat hidupmu sia-sia

img

Hidup itu harus seimbang. Jangan hanya mengejar ambisi, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan mental dan fisikmu. Masih banyak petualangan dan pelajaran yang bisa kamu ambil diluar pekerjaanmu. Jangan hanya menjadikan work-life balance sebagai konsep dan wacana.

4. Lembur = sukses?

img

Banyak orang beranggapan bawah menghabiskan waktu untuk bekerja pasti akan sukses. Nyatanya, kesuksesan adalah proses yang panjang dan penuh dengan perencanaan. Menjadi efektif terhadap waktu adalah salah satu kunci untuk mencapai target. 

5. You’re not machine

img

Manusia membutuhan tenaga, kehidupan sosial dan hiburan. Berbeda dengan mesin yang bisa bekerja 24 jam tanpa henti. Jadi sebaiknya ganti waktu lemburmu dengan beristirahat di rumah atau bersosialisasi dengan temanmu.

Selanjutnya: Menikah dengan sepupu menjadi tren setelah lebaran, namun ternyata ada risikonya. Cari tahu selengkapnya di sini.