Jangan Terlalu Loyal dengan Pekerjaan, Ini Alasannya

Jangan Terlalu Loyal dengan Pekerjaan, Ini Alasannya
ISTOCK
Jangan Terlalu Loyal dengan Pekerjaan, Ini Alasannya

Woop hanya ingin kamu membaca artikel ini dengan seksama dan penuh penghayatan!

Sepertinya kalimat, “Jangan jadi orang yang terlalu baik,” ada benarnya dan perlu kita pikirkan lagi. Saat kita baik kepada orang lain mungkin reaksi pertama mereka adalah mengucapkan terima kasih dan mereka akan menunjukkannya dengan berbagai hal. Namun, jangan heran jika hal baik ini akan berubah seiring berjalannya waktu. Biasanya yang terjadi adalah mereka justru akan meremehkan dan menyepelekan kebaikanmu yang sudah diperbuat selama ini. Lantas, apa yang harus dilakukan saat hal ini terjadi? Sebenarnya, ada satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menunjukkan sisi emosional di depan banyak orang.

Bukan bermaksud mengajarimu untuk menjadi orang yang ‘jahat’ dan pemarah, melainkan ada beberapa alasan yang Woop akan sampaikan saat kamu menjadi orang yang terlalu baik di kantor--karena bisa merugikan dirimu sendiri.

  • Pendapatmu Tidak Akan didengarkan!
5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja - 1
SHUTTERSTOCK

Saat kamu menjadi orang yang terlalu baik, kamu justru akan diremehkan dan tidak dianggap oleh orang lain. Selain itu juga, pendapatmu tidak akan didengarkan--meskipun pendapatmu sangat bagus. Jadi jika ingin pendapatmu didengarkan oleh teman-teman kantormu, cobalah untuk selalu bersikap tegas dalam segala hal.

  • Hanya dimanfaatkan Banyak Orang
ISTOCK
ISTOCK

Yep, realita kehidupan di zaman sekarang adalah tidak boleh menjadi orang baik. Sebab kamu hanya akan dimanfaatkan oleh banyak orang. Tidak semua orang yang kita perlakukan dengan baik akan membalas dengan perbuatan yang baik juga lho. Sebagian yang kita tolong justru hanya memanfaatkan kebaikan kita saja. Maka dari itu, kamu benar-benar harus mewaspadai hal ini. Jika tidak, kebaikan yang sudah kamu perbuat malah bisa merugikan diri sendiri saja.

  • Merugikan Waktu dan Tenagamu!
ISTOCK
ISTOCK

Waktu adalah hal penting yang dimiliki oleh manusia. Dengan waktu yang semakin sedikit harusnya bisa kita gunakan untuk beristirahat bukan malah ‘membantu’ mengerjakan tugas orang lain. Selain itu, kamu akan rugi tenaga. Tenaga yang seharusnya dihabiskan untuk mengerjakan tugas, akhirnya habis untuk mengerjakan tugas milik orang lain.  

Baca: Kamar yang Rapi Bisa Ungkap Kepuasan Bekerja?

  • Kurang dihargai
istock
ISTOCK

Merasa tidak pernah dihargai, meski sudah bekerja keras? Maka dari itu, jangan pernah menjadi orang baik! Kamu akan lebih banyak disepelekan oleh banyak orang, terutama rekan kerjamu sehingga membuatmu tidak akan menghormati lagi. Namun, bukan berarti kamu harus berubah menjadi jahat, ya! Sesekali bersikaplah tegas kepada orang lain.

  • Tidak Bisa Menjadi Pemimpin
Jawab 3 Pertanyaan Ini untuk Temukan Karier Impian - 1
Jawab 3 Pertanyaan Ini untuk Temukan Karier Impian - 1

Katanya jika ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus memiliki sifat yang seimbang antara baik dan juga tegas. Namun, jika hanya memiliki kebaikan--tanpa memiliki ketegasan-- tentu saja kamu tidak akan menjadi seorang pemimpin. Sehingga kesempatanmu menjadi pemimpin tidak pernah tercapai dan orang lain malah akan memilih orang lain.

Selanjutnya: Ingin memiliki kulit yang selalu awet muda seperti Song Hye Kyo atau Sophia Latjuba? Yuk, konsumsi enam makanan ini.