Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Putuskan Resign!

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Putuskan Resign!
ISTOCK

Sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaanmu. Coba yuk jawab lima pertanyaan ini terlebih dahulu. 

Memiliki kesempatan untuk pengembangkan karier adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Apalagi jika pekerjaan yang baru ternyata lebih baik. Biasanya yang terjadi kita langsung memutuskan untuk pindah kerja. 

Di sisi lain, kita juga merasa takut dengan hal buruk yang mungkin terjadi di luar sana. Karena takut langkah yang diambil hari ini terlalu cepat sehingga membuat orang lain beranggapan kita bisa 'dibayar' dengan uang tapi ternyata hal itu wajar terjadi lho. Namun jika kamu masih merasakan kebimbangan sebelum memutuskan pindah kerja, coba tanyakan dulu lima pertanyaan ini kepada dirimu sendiri. Agar bisa memilih karier mana yang lebih baik ke depannya. 

“Apakah saya resign terlalu cepat?”

img

Pindah kerja disaat kamu baru ingin memulai kariermu akan membuat calon atasan barumu memertanyakan tentang kesetianmu. Idealnya, kamu harus bertahan pada pekerjaan pertamanmu setidaknya dua sampai tiga tahun. Namun jika kamu malah memutuskan pindah kerja di enam bulan pertama, tentunya kamu harus menyertai alasan yang kuat. Ingat, jangan pernah mengungkapkan alasan negatif tentang kepindahanmu kepada calon tempat kerjamu. Pastikan selalu memberi penjelasan yang positif seperti, “saya ingin memiliki karier yang baik dan saya impikan sepanjang hidup saya.” 

“Apakah saya pindah kerja untuk alasan yang tepat?”

img

Sebelum kamu resign, coba pikirkan dengan matang apakah hal itu tepat. Apakah ada yang membuatmu stres di tempat kerja? Sejauh mana stres bisa memengaruhi pekerjaanmu? Jika kamu sudah melakukan segala upaya untuk memperbaiki diri dan keadaan, tapi tetap menemui jalan buntu, maka sekarang saatnya untuk pindah kerja.

“Apakah kondisi keuangan perusahaan baik?”

img

Yep, siapa yang tidak ingin bisnisnya berkembang? Semuanya menginginkannya! Karena hal itu akan berdampak pada gaji dan tunjungan yang pasti akan meningkat juga. Selain itu, kesempatan promosi juga akan terbuka lebar. Namun sebaliknya jika keuntungan perusahaan terus menurun, bonus pun akan menyusut dan mungkin perusahaan akan mem-PHK karyawan. 

"Apakah saya bisa berkembang di perusahaan ini?”

img

Mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan itu sangat diinginkan oleh semua orang. Hal itu akan meningkatkan nilai jual kita di mata calon atasan baru. Jadi, manfaatkanlah kesempatan yang tidak datang dua kali. Tetaplah tinggal di perusahaan yang selalu mendukung pengembangan dirimu. Selain itu, kamu juga perlu bersikap proaktif kepada atasan dengan minta dilibatkan untuk beberapa proyek yang sedang berjalan.  

“Apakah gaji saya cukup?”

img

Pekerjaan yang memuaskan biasanya harus sebanding dengan jumlah gaji yang diterima. Bagi kamu yang sudah cukup lama bekerja, seharusnya dalam waktu tiga tahun pertama kamu sudah mendapat kenaikan gaji yang signifikan. jika kamu tidak melihat tanda-tanda kenaikan gaji dari perusahaan, maka kejarlah pekerjaan yang lebih baik di luar sana.

Selanjutnya: Sering merasa rambut di bagian kemaluan cepat sekali tumbuhnya? Berarti kamu tidak sendirian! Cari tahu kenapa hal itu bisa terjadi.