Jawab 7 Pertanyaan Ini Jika Bagimu Menabung Itu Sulit

Jawab 7 Pertanyaan Ini Jika Bagimu Menabung Itu Sulit
iStock

Susah mulai untuk menabung? Coba jawab tujuh pertanyaan ini dulu ya…

Banyak perempuan yang boros dan tidak bisa mengatur keuangan mereka. Bahkan gaji terasa hanya numpang lewat saja. Buat kamu yang sulit menabung, jawab tujuh pertanyaan ini demi bisa melakukan perubahan!

1. Sudahkah saya mencoba hidup irit?

Jika kamu gagal menghemat uang, coba metode survival mode. Apa itu survival mode? Jadi selama 30 hari, kamu harus mengurangi semua pengeluaran seminimal mungkin. Bawalah makan siang dari rumah daripada memesan makanan lewat online. Pilih makan di rumah dibandingkan di restoran.

Coba gunakan transportasi umum daripada memakai kendaraan pribadi ke tempat kerja. Pada akhir bulan, kamu akan menemukan seberapa besarnya simpanan yang bisa kamu dapatkan dan sekarang bisa menghemat uang hasil jerih payahmu.

img

2. Apakah saya berpikir sebelum membeli?

Banyak dari kita adalah korban pembelian impulsif. Mungkin kamu akhirnya membeli barang tanpa berpikir apakah kita benar-benar membutuhkannya atau tidak? Jadi mulailah berpikir sedikit sebelum membawa produk apa pun ke kasir. Tanyakan kepada diri sendiri apa kamu benar-benar membutuhkannya? Bisakah pembelian ini menunggu selama satu bulan? Yang paling penting, pikirkan apakah kamu pernah beli sesuatu yang serupa di masa lalu? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini tidak akan memakan waktu lebih dari satu menit dan menyelamatkanmu dari membeli apa pun yang sebenarnya tak kamu butuhkan.

3. Apakah saya kecanduan belanja online?

Sebagian besar dari kita mengaku kalau belanja online benar-benar nyaman dan memuaskan. Yang kamu butuhkan hanyalah smartphone dan beberapa aplikasi untuk belanja. Tidak hanya ini, banyak dari kita yang menjelajahi situs belanja online dan aplikasi hanya untuk menghabiskan waktu dan akhirnya memesan sesuatu tanpa alasan. Coba tetap jujur pada diri sendiri dan berbelanjalah dengan cerdas.

img