Banner

Jika Kamu Ingin Lebih Bahagia, Setop Lakukan Ini

Jika Kamu Ingin Lebih Bahagia, Setop Lakukan Ini
ISTOCK

Hanya tiga. 

Seberapa besar keinginanmu untuk lebih bahagia hari ini dan tahun depan? "Berdasarkan pengalaman menjadi psikolog dan pembina personal selama 30 tahun, ada tiga hal yang membuat seseorang sulit untuk bahagia," tulis Jeffrey Bernstein, Ph.D di Psychology Today. Baca sampai habis untuk mencari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk lebih bahagia hari ini, besok, dan seterusnya. 

1. Kurang bersyukur

"Rasa syukur membantu orang memiliki emosi yang lebih positif, menikmati pengalaman baik, meningkatkan kesehatan, bisa menghadapi kesulitan, dan membangun hubungan yang kuat," jelas Bernstein. Semakin bersyukur dan menikmati apa yang kamu punya (bukan apa yang seharusnya dimiliki), kamu akan lebih bahagia. Juga, "alih-alih mengatakan, 'saya layak bahagia,'" ucapkan, 'saya menghargai hidup dan apa yang saya sudah miliki.'"

2. Mengejar-ngejar sesuatu di luar diri

Maaf menjadi pembawa kabar buruk, tapi menurut Bernstein tas barumu tidak akan membuatmu lebih bahagia. Atau kenaikan gaji. Maupun kenaikan pangkat. Oh, juga berat badan yang turun 10kg. Atau punya pacar. Mungkin akan membuatmu sedikit senang, tapi sifatnya tidak kekal. Hal yang harus diingat adalah "untuk berhenti mencari kebahagiaan dari sesuatu yang berasal dari luar diri." Intinya, poin nomor satu tadi. 

3. Tidak habisnya membanding-bandingkan diri 

Sedikit hal baik yang muncul ketika kamu selalu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Paling banter, kamu akan semakin merasa terpuruk dan stres. "... membandingkan dirimu terus menerus dengan teman, anggota keluarga, dan kolega yang tampaknya lebih sukses akan membuatmu rendah diri dan merasa kekosongan," jelasnya. Terima dengan ikhlas bahwa akan ada orang yang lebih kaya, lebih pintar, lebih cepat, dsb. 

Selanjutnya: Orang-orang seperti ini pun membuat hidupmu menderita. Barangkali memang harus jaga jarak.