Jika Masih Tinggal dengan Orangtua, Kamu Harus Tahu Ini

Jika Masih Tinggal dengan Orangtua, Kamu Harus Tahu Ini
ISTOCK

Singel ataupun sudah menikah.

Sudah berapa umurmu? Apakah masih tinggal di rumah orangtua? Jika iya, pernah berpikir untuk mencari tempat tinggal sendiri, entah itu ngekos atau menyewa apartemen (tergantung kondisi finansial)? Kemungkinan besar ingin sekali tinggal sendiri—istilahnya mau menjadi pribadi yang independen. 

Pastinya, ada enak dan nggaknya tinggal satu atap dengan orangtua. Misalnya:

1. Kalau sakit, ada yang memperhatikan dan memastikan kamu makan dan minum obat dengan benar.

2. Selalu (sebagian besar waktu) ada makanan di dalam kulkas atau di dapur. 

3. Terkadang tidak perlu pusing dengan masalah tagihan listrik dsb.

4. Tidak ada yang bisa mengalahkan kesedapan masakan ibu (kalau ibu bisa masak). 

5. Tinggal dengan mereka, berarti kamu harus selalu memberitahukan setiap gerak-gerik. Mau ke supermarket, harus memberi tahu. Mau mandi? Sebaiknya juga beri kode. 

6. Kalau selalu pulang malam, kalimat ini akan selalu terdengar: "Kamu pikir rumah ini hotel."

7. Rasanya mustahil untuk hanya nonton tv dan makan fast food seharian (dan masih dalam piyama, bahkan gosok gigi pun malas). Atau bangun jam 12 siang di akhir pekan. Bahkan kalaupun bisa melakukannya, akan ada ucapan: "Apa jadinya hidupmu kalau begitu terus." Atau, "Rezekinya dipatok ayam, lho, kalau bangun siang-siang." (Seakan-akan, ayam dan kita rezekinya bersumber dari tempat yang sama.) 

Intinya, jika merasa sudah saatnya untuk belajar lebih bertanggung jawab (dan berambisi memiliki banyak waktu untuk binge-watch Netflix), utarakan niatmu.