Jokowi atau Prabowo? Ketahui Ciri-ciri Pemimpin yang Berkualitas

Jokowi atau Prabowo? Ketahui Ciri-ciri Pemimpin yang Berkualitas
Dok. Instagram @jokowi dan @prabowo

Setiap orang mampu menjadi pemimpin namun tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Lantas, bagaimana kita tahu bahwa pemimpin yang kita pilih itu berkualitas?

Pemilihan umum (Pemilu) 2019 akan segera digelar besok. Kita akan memilih pemimpin negara untuk bekerja selama 5 tahun ke depan. Namun kita masih bingung harus memilih siapa kandidat yang bisa mewujudkan harapan-harapan yang kita miliki selama ini. Tentunya, memilih pemimpin yang baik dan berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebelum kita memilih, kita harus mengetahui rekam jejak kandidat yang akan kita pilih. Lantas, apa saja kriteria yang harus ada pada diri seorang calon pemimpin?

Dapat Dipercaya. Tidak mau ‘kan mendapat pemimpin yang sering berbohong, bahkan mengingkari janjinya? Oleh sebab itu, memilih orang yang bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya dengan tugasnya, apalagi tidak menyalahgunakan wewenang yang telah diberikan adalah menjadi syarat utama yang harus ada dalam diri seorang calon pemimpin.

Cerdas. Menjadi kriteria utama, kecerdasaan wajib dimiliki oleh sosok pemimpin. Bukan hanya sekedar cerdas dalam hal pendidikan/akademin, namun seorang pemimpin juga harus cerdas dalam mengambil sebuah keputusan (yang pasti besar). Selain berani mengambil keputusan, seorang pemimpin yang cerdas pasti bida mencari jalan keluar dari masalah yang dijumpai. Karena dengan kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah akan menjadi landasan untuk memilih pemimpin yang ideal untuk 5 tahun ke depan.

img

Dapat Menjadi Teladan. Dengan teladan yang baik, seorang pemimpin akan mendapatkan dihormati dan disegani oleh semua orang. Teladan menjadi nilai lebih yang harus kita perhatikan saat akan memilih seorang pemimpin. Karena dengan sikap seperti itu, seorang pemimpin bisa dengan mudah mengarahkan orang-orang yang dipimpinnya untuk menjadi lebih baik ke depannya.

Adil. Sangat susah untuk menjadi seseorang yang adil, bahkan mendapatkan keadilan. Yep, sebenarnya adil menjadi poin penting yang harus dimiliki setiap individu, apalagi untuk seorang pemimpin. Pastikan bahwa calon pemimpin yang akan anda pilih adalah orang yang adil. Dia akan menempatkan segala sesuatu pada porsinya yang tepat, bukan karena alasan suka atau tidak suka atau karena alasan suku atau agama.

img

Transparansi dan Ramah. Penuh dengan transparan dalam pemerintahannya, dan juga bersikap terbuka adalah salah satu kriteria yang wajib dimiliki seorang pemimpin. Apalagi mau menerima saran dan kritikan dari rakyat, bahkan tidak segan untuk meminta pendapat langsung dari rakyat. Dengan memiliki transparasi, rakyat akan lebih percaya kepada pemerintah. Ditambah, pemimpin yang bersikap terbuka, yaitu yang mampu menghormati pesaing dan belajar dari mereka dalam situasi kepemimpinan ataupun kondisi bisnis pada umumnya.

Tentunya, pilihlah pemimpin yang sesuai dengan harapan dan hati nurani-mu! Jangan hanya karena kandidat yang ada tidak sesuai harapan, kamu malah memutuskan untuk tidak memilih siapapun alias golput. Karena ‘masa depan’ ada di tangan kamu! Nyoblos yuk!

Selanjutnya: ternyata orang-orang sukses juga memiliki satu kebohongan. Mau tahu, apa kebohongannya? Baca selengkapnya di sini

Loading Facebook Comment ...