Kamu Introvert? Begini Cara Agar Mudah Akrab di Tempat Kerja

Kamu Introvert? Begini Cara Agar Mudah Akrab di Tempat Kerja
istock

Simak tips dari Woop agar kamu mudah akrab dengan rekan kerja—ketika karaktermu adalah introvert.

Menjadi introvert terkadang adalah suatu bomerang, karena menyukai ketenangan dan nyaman dengan diri sendiri. Tidak sedikit orang dengan kepribadian introvert di cap dengan orang yang anti sosial. Terutama saat kamu berada di lingkungan pekerjaan baru yang menuntutmu untuk cepat beradaptasi. 

Lalu bagaimana caranya agar kamu mudah akrab dengan rekan kerja? Simak tips dari Woop berikut ini.

1. Berbaur pelahan

img

Jika kamu tidak nyaman dengan lingkungan kerja yang ramai, mulailah untuk pelan-pelan berkenalan dengan rekan kerja secara personal atau satu per satu. Hal ini akan membuatmu lebih nyaman dibanding harus bergabung di satu perkumpulan yang pada akhirnya akan membuatmu canggung.

2. Berteman lewat media sosial

img

Tidak dapat dipungkiri, media sosial mengambil peranan besar dalam kehidupan kita. Cobalah mengawali dengan add friend di media sosial. Dengan begitu mereka akan lebih mengingat dan mengenal kamu. Tidak ada salahnya mencoba cara ini apalagi bagi kamu yang tidak terbiasa memulai percakapan dengan orang baru secara langsung.

3. Be a good listener

img

Gunakan kemampuan mendengarmu. Kamu bisa menjadi pendengar di tengah obrolan dan tahu kapan harus merespon. Orang yang introvet biasanya memiliki kemampuan mendengar yang sangat baik lho.

4. Memberikan apresiasi

img

Berilah pujian kepada rekan kerjamu saat ia berhasil mencapai sesuatu. Sosok introvert nyatanya sangat menghargai orang lain, dengan memberi pujian ini akan membuat rekan kerjamu lebih semangat dalam  bekerja. Pada dasarnya manusia akan merasa senang jika usahanya dihargai oleh orang lain.

5. Meminta bantuan

img

Sebagai orang baru, rasanya wajar jika banyak hal yang masih belum kamu mengerti dan butuh bantuan orang lain. Jangan malu untuk meminta bantuan kepada rekan kerjamu, cara ini sekaligus bisa meningkatkan kepercayaan dirimu untuk memulai obrolan.

Selanjutnya: Hati-hati penyakit 'burnout' sering menyerang para pekerja. Baca selengkapnya disini.