Kata Dokter, Cuma 2 Penyebab Rambut Rontok. Apa ya?

Kata Dokter, Cuma 2 Penyebab Rambut Rontok. Apa ya?
iStock

Kamu sering bertanya-tanya kenapa rambut sering rontok? Kata dokter, cuma dua penyebabnya.

“Penyebab rambut rontok secara kedokteran cuma ada dua, bisa karena batang rambut rapuh atau memang dari akarnya. Ternyata berdasarkan penelitian mengatakan 75% kerontokan rambut karena berasal dari akarnya,” jelas dr. Alberta Claudia Undarsa selaku medical doctor & medical host dr. Oz Indonesia dalam acara peluncuran shampooDove Total Hair Fall Treatment di Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019).

daihatsu banner

Apa ya yang menyebabkan batang rambut rapuh? dr. Albert Claudia Undarsa menyebut kalau penyebab batang rambut rapuh karena kebiasaan sehari-hari. Misalnya saja, sering mencatok rambut sebelum berpergian, melakukan blow setiap hari, atau mewarnai rambut. Ini membuat batang rambut patah dan menyebabkan kerontokan.

img

Berbeda dengan rambut rontok dari akarnya. Ini lebih dari pengaruh dalam diri terutama buat perempuan. Maksudnya?

“Faktor hormon dan stres pada wanita pengaruh. Faktor nutrisi juga kayak dia diet membuat dirinya kekurangan nutrisi sehingga menyebabkan masalah di akar rambut,” jelas dr. Albert Claudia Undarsa.

Menyambung pernyataan di atas, dr. Albert Claudia Undarsa juga menuturkan kalau yang perlu dibenahi terutama masalah di akarnya. Ketika akar rambut kuat maka persoalan batang rapuh akan lebih mudah diatasi. 

“Sebetulnya masalah di batang rambut memang ada tapi mayoritas masalah kerontokan dari akarnya. Jadi misal rambut kita catok berkali-kali tapi akarnya kuat bisa membantu mencegah kerontokan.”

dr. Albert Claudia Undarsa pun mengimbau perempuan agar peduli dengan masalah kerontokan rambut karena bisa mempengaruhi kepercayaan diri secara tidak langsung. Mulai dari menghitung berapa helai rambut yang rontok setiap hari? Ketika jumlahnya masih di antara 50 sampai 100 helai maka masih dalam tahap normal.

Saat rambut rontok sudah lebih dari 100 helai maka perlu menyadari agar melakukan perawatan. Biasanya, rontok bisa dilihat setelah mencuci rambut, menyisirnya, atau ketika bangun tidur.

Dalam rangka mencegah kerontokan, dr. Albert Claudia Undarsa menyarankan untuk rutin mencuci rambut dua sampai tiga kali dalam seminggu. Kemudian mengelola stres serta menjaga pola makan sehat itu penting bila ingin batang rambut lebih kuat sampai akarnya.

Selanjutnya: Baca pula mengenai detail gaun pertunangan Syahrini dan Reino Barack di sini

Shop From Our Partner Cathaofficial.com