Ingin Hubunganmu Bertahan Lama? Yuk, Kelola Keuangan Bersama!

Ingin Hubunganmu Bertahan Lama? Yuk, Kelola Keuangan Bersama
Kelola Keuangan Bersama Pasangan

Bagaimana cara mengatur uang agar kamu tidak selalu ribut dengan pasangan mengenai keuangan kalian berdua? Berikut tipsnya.

Perbedaan pandangan soal uang adalah hal biasa yang bisa terjadi dalam hubungan dengan pasangan. Tak jarang, hal ini juga bisa menimbulkan pertengkaran. Pasangan kita mungkin saja memiliki pandangan yang berbeda dengan kita soal besar porsi penghasilan yang harus ditabung, limit pengeluaran bulanan, atau kapan dan di mana harus berinvestasi.

Jika perbedaan pandangan tentang keuangan dibiarkan berlarut-larut dan tidak diatasi, bukannya tidak mungkin hal ini akan memperburuk hubungan kita dengan pasangan. Untuk menghindarinya, yuk ikuti beberapa tips mengelola keuangan bersama pasangan berikut ini agar hubunganmu senantiasa awet!

Tips Kelola Keuangan Bersama Pasangan

Saling Terbuka

Saling Terbuka
Saling Terbuka

Beberapa orang mungkin merasa tak nyaman membicarakan tentang uang dengan pasangannya. Padahal, dalam sebuah hubungan, keterbukaan itu sangat penting, termasuk soal uang.

Untuk bisa mulai mengelola keuangan bersama, kamu dan pasangan harus benar-benar saling transparan mengenai pengeluaran, tabungan, utang atau cicilan, investasi dan sebagainya. Buatlah sesi khusus secara rutin untuk duduk bersama dan membahas posisi keuangan kalian.

Buat Target dan Rencana

Buat Target Rencana
Buat Target Rencana

Setelah kamu dan pasangan saling mengetahui posisi keuangan masing-masing, mulailah menyamakan visi dan target-target keuangan yang ingin kalian raih bersama. Misalkan, kalian berencana untuk mulai menabung untuk acara pernikahan, maka kalian bisa mulaimerencanakan berapa banyak uang yang harus dikumpulkan serta strategi menabung atau investasi untuk meraih target tersebut.

Membuat rencana keuangan bersama bisa menambah keharmonisan hubunganmu. Jangan lupa, setelah menyusun rencana pengeluaran (budgeting), termasuk tabungan dan investasi, kamu dan pasangan harus berkomitmen untuk mematuhinya.

Tumbuhkan Uang Bersama

Pasangan yang memiliki target keuangan bersama dan bekerja sama untuk mencapainya biasanya lebih harmonis dan hubungan mereka lebih langgeng. Salah satu cara untuk mencapai tujuan finansial bersama dengan lebih cepat adalah dengan menumbuhkan uang bersama-sama dengan pasangan.

Untuk mendapatkan hasil lebih dari tabunganmu, kamu dan pasangan perlu menumbuhkan uang dengan cara lain yang memberikan hasil yang lebih tinggi. Namun, usahakan agar uang yang kalian sisihkan untuk keperluan ini tidak terpapar risiko yang terlalu tinggi. Dengan kata lain, carilah cara menumbuhkan uang yang relatif aman sehingga kamu dan pasangan tidak malah kehilangan uang.

Tumbuhkan Uang Bersama
Tumbuhkan Uang Bersama

Salah satu cara menumbuhkan uang yang mudah dan bisa membuat kamu dan pasangan merasa aman dan nyaman tersedia di Mekar.id. MEKAR adalah sebuah platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menumbuhkan uangmu. Caranya? Dengan mendanai pinjaman untuk pelaku usaha kecil di Indonesia agar mereka bisa mengembangkan usahanya. Di MEKAR, kamu bisa menghasilkan keuntungan hingga 12,5% per tahun.

Keuntungan lainnya dari memanfaatkan platform MEKAR adalah kamu dan pasangan bisa merasa lebih aman karena adanya jaminan perlindungan untuk uang kalian. Jaminan perlindungan tersebut disediakan oleh lembaga-lembaga keuangan yang bermitra dengan MEKAR. Tahukah kamu? Sejak pertama kali MEKAR diluncurkan, seluruh pendana (lender) di MEKAR selalu mendapatkan pembayaran kembali untuk pendanaan mereka. Kamu dan pasangan tentunya juga akan bisa merasakan kenyamanan yang sama saat kalian mendanai pinjaman di MEKAR. Untuk mempelajari lebih lanjut, klik di sini.

Cari Jalan Tengah

Cari Jalan Tengah
Cari Jalan Tengah

Agar perbedaan yang ada tidak menjadi duri dalam hubungan kita, tentu harus ada kompromi dari kedua pihak. Kuncinya adalah mencari jalan tengah atau common ground yang bisa dijalani bersama dan saling menerima bahwa pasangan memiliki pandangan yang berbeda dengan kita.

Bahkan, kamu dan pasangan juga bisa memanfaatkan perbedaan tersebut. Misalnya, jika kamu lebih banyak memiliki visi ke depan dan target-target finansial, kamu bisa mengambil peran dalam hubungan sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menabung dan menumbuhkan uang agar kalian bisa mencapai target-target tersebut. Dan, jika si dia lebih suka membelanjakan uang, dia bisa bertanggung jawab untuk kebutuhan dan pengeluaran harian serta bulanan kalian, termasuk membayar tagihan dan cicilan. Intinya, make it work!

Selanjutnya: Semua orang tentunya mengenal motivator ternama Merry Riana. Dipenuhi jatuh bangun, bagaimana perjalanan hidupnya hingga sukses?

Loading Facebook Comment ...