Kita Sedang Membuang Uang dengan Sia-Sia Saat Melakukan Ini

Kita Sedang Membuang Uang dengan Sia-Sia Saat Melakukan Ini
ISTOCK

Kita semua bersalah. 

Melihat tagihan kartu kredit bulan, ada yang pingsan. Pasalnya, tidak menyangka angkanya stratosperik dan habis deh, gaji sebulan. Padahal, rasa-rasanya kita hemat banget kok bulan lalu. Coba perhatikan dan ingat baik-baik kebiasaanmu sehari-hari. Jika kamu melakukan hal-hal di bawah ini secara tidak sadar karena sudah sangat terbiasa (seperti ngupil), kemungkinan besar ini yang membuatmu tidak berduit bahkan hari pertama gajian. Ternyata, kita sedang menghabiskan banyak duit dengan sia-sia saat mampir ke coffee shop setiap hari. Dan masih banyak lagi. 

1. Cemilan hiburan

Banyak orang memiliki kebiasaan membeli makanan di bioskop, setelah kerja, atau bahkan saat menonton tv di rumah. Kalau dipikir-pikir apakah kita selapar itu, atau itu karena kita terbiasa mengunyah sesuatu di depan layar? Pasalnya, sebenarnya kita masih bisa menikmati apapun itu dengan atau tanpa cemilan.

2. Membeli air minum kemasan

Ini jadi kebiasaan turun temurun, tapi sebenarnya kita bisa dengan mudah membawa air minum dari rumah (nyaris tanpa bayar). “Tapi kan pengennya air dingin!” Ada solusinya: masukkan botol ke dalam freezer malam sebelumnya sehingga akan tetap dingin saat diminum.

3. Hadiah lebay

Beberapa kado untuk orang-orang tertentu memang terkadang butuh dana lebih, tapi bukan berarti berlebihan. Apalagi, jika hadiah yang sudah dibeli melewati proses perenungan dan pencarian berbulan-bulan, akhirnya terbuang dan terlupakan.

4. Jatah kopi pagi

Banyak orang sepertinya beroperasi secara autopilot saat melakukan rutinitas pagi: langsung menuju coffee shop langganan atau beli fast food untuk sarapan. Sepertinya mata kita masih mengantuk dan nggak sadar saat menyerahkan duit atau kartu ke tangan penjaga toko.

5. Up-sizing your orders

“Kentang gorengnya mau go-large, nggak?” kata si Mbak di resto siap saji. Dan tanpa berpikir, kita langsung mengangguk-angguk dengan semangat. “Kan deal-nya bagus dan murah?” begitu pikir kita dengan cerdik. Namun, jika tidak butuh minuman atau makanan ukuran lebih besar, sama saja kita sedang membuang-buang duit.

6. Membawa anak ke toko mainan

Sorry, mommies, tapi kebiasaan satu ini sebaiknya dipertimbangkan lagi. Coba pikir lagi apakah si kecil akan menggunakan mainan tersebut lebih dari dari 2 menit? Daripada membeli mainan baru tanpa alasan yang jelas, bagaimana kalau menghabiskan waktu bersama mereka dengan mainan yang sudah ada?

7. Keanggotaan yang tidak pernah dipakai

Ketika sedang semangat banget untuk hidup sehat atau mau menurunkan berat badan, kita memutuskan untuk bergabung dengan gym terdekat dan kartu kredit secara otomatis membayarnya tiap bulan. Pada kenyataannya, kita hanya hadir di sana dua kali sebulan. Itupun sekali hanya untuk menikmati sauna! 

8. Terlalu patuh dengan tanggal kadaluarsa

Sebagian besar tanggal kadaluarsa pada makanan merupakan hanya sebuah saran daripada sebuah hukum wajib. Gunakan insting dan common sense, bukan lantas membuangnya tanpa melihat kondisi makanan terlebih dahulu.

9. Membeli barang sekali pakai

Contohnya adalah tisu makan di dapur. Coba gunakan serbet kain yang bisa dipakai dan dicuci dan dipakai lagi.

10. High-tech gadgets