Kolaborasi Ades dan Gojek Wujudkan Lingkungan Bebas Sampah Lewat #NiatMurni

Kolaborasi Ades dan Gojek Wujudkan Lingkungan Bebas Sampah
Sinergi Ades dan Gojek

Ades dan Gojek wujudkan kolaborasi mulia untuk lingkungan dengan #NiatMurni. Seperti apa bentuk gerakan tersebut?

ADES sebagai merek air minum dalam kemasan yang merupakan bagian dari Coca-Cola Indonesia memiliki komitmen dalam memastikan kualitas air minum yang baik serta memiliki visi untuk memberikan makna kemurnian. Visi ini tidak hanya diwujudkan melalui air yang dikonsumsi masyarakat, namun juga dengan kemurnian niat untuk menjaga lingkungan yang dilakukan bersama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat.

ADES memperkenalkan #NiatMurni Ades sebagai gerakan nyata yang melanjutkan inisiatif serta usaha untuk mengelola plastik botol bekas. ‘Niat Murni’ hadir sebagai kelanjutan dari langkah ADES sebelumnya untuk menjaga kemurnian air yang hadir melalui program Billboard pertama yang menggunakan plastik botol bekas.

Sinergi Ades dan Gojek
Sinergi Ades dan Gojek

#NiatMurni Ades bekerja sama dengan Gojek, penyedia layanan mobile on-demand dan fasilitas pembayaran terdepan di Asia Tenggara, melalui layanan GoSend untuk solusi permudah pengumpulan kemasan plastik botol bekas.

Baca juga: Melati di Taman Keberagaman, Buku Tentang Praktik Kepemimpinan Perempuan

Program ini merupakan langkah bersama untuk membantu masyarakat agar dapat secara aktif lebih memahami dan berpartisipasi dalam upaya peduli lingkungan, dengan memadukan teknologi sebagai platform untuk mendorong ekosistem ekonomi sirkular di Indonesia.

Saat ini jumlah sampah di Indonesia mencapai 65,8 juta ton per tahun, dimana terdapat 7,2 juta ton sampah jenis plastik yang dihasilkan per tahun yang kebanyakan digunakan sebagai kantong plastik, kemasan dan botol.1 Sementara disisi lain, sampah plastik memiliki peranan penting dalam hal ekonomi berkelanjutan yaitu dalam menciptakan ekonomi sirkular.

Sinergi Ades dan Gojek
Sinergi Ades dan Gojek

Kolaborasi ADES dan Gojek (serta Waste4Change), merupakan bagian dari inisiatif #NiatMurni ADES sebagai gerakan nyata yang melanjutkan inisiatif serta usaha untuk mengelola kemasan plastik botol bekas yang dijalankan sejak Mei 2019. #NiatMurni selaras dengan visi “WORLD WITHOUT WASTE” dari Coca-Cola untuk turut aktif mengatasi permasalahan kemasan plastik pasca konsumsi melalui tiga pilarnya yakni Design-Collect-Partner. Di Indonesia, Coca-Cola menerapkan visi World Without Waste melalui inisiatif Plastic Reborn yang akan menjadi payung dalam berbagai inisiatif keberlanjutan dalam penanganan sampah plastik.

Baca juga: JPAC Hadirkan Pertunjukan Broadway yang Bisa Dinikmati Semua Kalangan Masyarakat

Kolaborasi ini juga memberikan nilai ekonomi pada setiap kemasan botol plastik bekas dimana setiap 50 kemasan plastik botol bekas yang dikirimkan konsumen akan mendapatkan 2000 poin. Pengumpulan poin kemudian dapat ditukarkan dengan token PLN, Pulsa ataupun saldo GoPay.

Sinergi Ades dan Gojek
Sinergi Ades dan Gojek

Pada tahap awal, Sinergi #NiatMurni Ades dan Gojek akan berjalan selama 3 bulan untuk kemudian ditinjau proses collection serta perubahan perilaku sudut pandang masyarakat dalam melihat kemasan plastik botol bekas.

Untuk berpartisipasi dalam inisiatif #NiatMurni ini, masyarakat dapat membantu memastikan plastik botol bekas diterima dengan baik oleh bank sampah yang dituju dengan meremukkan plastik botol bekas untuk kemudian dikumpulkan lalu dipilah dan disimpan dalam kemasan yang rapi serta tertutup rapat sebelum diberikan kepada mitra driver GoSend.

Selanjutnya: Nggak perlu bingung lagi untuk belajar keuangan, #TYATB Fest dari OCBC NISP hadir untuk para kaum millenials yang ingin belajar lebih jauh

Loading Facebook Comment ...