Banner

Manfaat Suka 'Berkompetisi' di Tempat Kerja

Manfaat Suka Berkompetisi di Tempat Kerja
SHUTTERSTOCK

Woop hanya ingin bilang: Jangan pernah takut bersaing di tempat kerja! Karena ternyata dengan bersaing--secara sehat-- kamu bisa mendapatkan lima manfaat ini. 

Apa yang kamu pikirkan tentang kata ‘bersaing’? Semua orang pasti berpikiran negatif. Padahal bersaing itu tidak selamanya buruk lho. Meski dipandang sebagai sesuatu yang negatif, bersaing itu perlu ada di dalam hidupmu. Misalnya saja bersaing dengan rekan kerja di kantor. Pasalnya, kompetisi di antara pekerja bisa saja berkembang dan menjadi persaingan yang tidak sehat bahkan berujung pada permusuhan. Malah yang sering terjadi ‘perang dingin’ ini bisa membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Duh, jangan sampai! 

Namun, persaingan demi persaingan yang ada di tempat kerja sebenarnya baik untuk perkembangan kariermu. Apalagi jika kamu memiliki ‘musuh’ dengan kekuatan yang setara, kamu pasti akan berusaha untuk bisa menjadi seseorang yang lebih baik (dibandingkan temanmu). Nah, Woop akan memberitahukan lima alasan kalau sebenarnya bersaing itu diperlukan dalam hidupmu: 

  • Persaingan Meningkatkan Motivasi

img

Yep, setiap manusia pasti memiliki sifat tidak mau kalah. Maka dari itu, mungkin persaingan bisa dijadikan motivasi. Menurut penelitian Prof. Gavin Kilduff dari New York University tentang persaingan diberbagai bidang didapati bahwa seorang pelari bisa memangkas catatan waktu hingga 25 detik ketika memiliki saingan dibandingkan saat mereka harus berlari sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang lebih termotivasi dan ingin tampil lebih baik jika dihadapkan dengan orang lain yang dianggap saingan. Pada penelitian lainnya, ada bukti yang menunjukkan bahwa pengendara sepeda melaju lebih cepat saat bertemu dengan ‘saingan’ daripada mengendarai sepeda sendiri. Di dunia kerja, perusahaan bisa menciptakan budaya persaingan dengan menampilkan papan peringkat yang menunjukkan prestasi pekerja, atau dengan iming-iming hadiah. Hal ini bisa mendorong setiap pekerja berusaha mengungguli rekan-rekannya.

  • Terbiasa dengan Kegagalan

img

Semua orang tidak akan selalu menang. Hal ini bisa mengajarkan kamu untuk bisa bangkit dari kegagalan. Pengalaman ‘jatuh’ seharusnya bisa membuat kamu belajar memperbaiki kesalahan. Selain itu, kamu juga bisa menghadapi kegagalan dengan cara yang dewasa, bukan meratapinya saja. Ketika berhasil mengalahkan pesaing, kamu akan lebih menghargai kemenangan, namun tetap bersikap rendah hati.

  • Meningkatkan Kemampuan Menganalisa

img

Saat kamu ingin mengalahkan pesaingmu, kamu pasti akan mempelajari kelebihand an kekurangan lawan. Kamu akan lebih meneliti data dan fakta tentang pesaingmu agar bisa menilainya secara objektif. Kebiasaan bersaing secara sehat ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan analisis lho. Karena kamu akan bisa menyelesaikan masalah pekerjaan dengan bukti (bukan hanya omongan saja). 

  • Menyadari Kekurangan dan Kelebihan

img

Yep, kamu mungkin tidak akan pernah bisa memahami dirimu sendiri. Malah orang yang kamu anggap sebagai pesaing adalah orang yang paling bisa memahami lho. Dia akan selalu memperhatikan setiap saat sehingga mengetahui kelebihan dan kekuranganmu. 

  • Persaingan Membuatmu Jujur

img

Ingat, sebuah kompetisi yang sehat ada aturan yang harus diikuti oleh semua orang. Peserta yang kompetitif pasti menghindari kecurangan. Dengan demikian, persaingan sehat di tempat kerja akan membuat setiap individu bersikap jujur. Jika menghadapi tantangan, kamu pasti akan mencoba belajar agar menjadi lebih baik dan tidak mencoba lari atau bersikap curang. 

Selanjutnya: Apakah kamu sudah mencoba menggunakan LRT? Woop menyarankan kamu untuk mencobanya! Karena alasan ini bisa akan kamu dapatkan setelah menggunakannya.