Mau Kaya? Ikuti Saran Menabung dari Para Miliuner Ini

Mau Kaya? Ikuti Saran Menabung dari Para Miliuner Ini
iStock

Hemat pangkal kaya. Menabung juga pangkal kaya. Mau kaya? Ikuti saran dari miliuner ini yuk.

Banyak orang sulit menabung atau lebih tepatnya bagaimana ya cara mulai menabung. Kamu salah satunya ya? Jika iya, coba deh jangan cari cara sulit dengan memikirkan membangun bisnis apa tapi gimana bisa menyimpan uang yang tepat. Berikut saran miliuner soal menabung jika ingin hidup kaya di masa depan.

  • Tabungan Otomatis

img

Miliuner David Bach mengatakan kalau kamu perlu membayar dirimu lebih dulu. Itu berarti mengatur tabunganmu seperti tagihan yang perlu dibayar sehingga jumlah tertentu akan langsung ditarik setiap bulannya. 

“Jadi kamu tidak akan pernah lupa untuk menabung dan kamu juga tidak akan pernah tergoda untuk menggunakan uang tersebut buat hal lain. Bahkan dengan ini kamu juga tidak melihat uang yang diambil langsung dari gajimu,” kata penulis dalam bukunya ‘The Automatic Millionaire’.

  • Cara Warren Buffett Berinvestasi

img

Investor legendaris Warren Buffett menyukai reksa dana indeks dibanding model investasi lainnya. Menurutnya, ini cara termurah dan termudah untuk mendiversifikasikan uang yang kamu inverstasikan. 

Reksa dana indeks berbiaya rendah dan tak perlu banyak upaya untuk mengelolanya. Kamu hanya perlu melakukan investasi dan membiarkannya. Investasi ini juga efisien pajak dan tidak harus terus-menerus menjual atau melakukan banyak pembelian. 

Itu juga bisa menghasilkan lebih banyak uang nantinya. Kamu pun tak perlu membayar penasihat keuangan dan mungkin menjadi lebih hemat. Untuk itu, jangan tunda untuk menabung reksa dana. 

  • Tidak Jajan Kopi di Luar Rumah

img

Ini yang seringkali membuat orang boros tanpa sadar: jajan kopi di luar rumah. Coba sekarang kalau mau minum kopi, bikin sendiri saja di rumah. Alihkan uang buat beli kopi ke tabungan rencana.