Mau Sukses Berkarier? Pakai Aturan 52 dan 17 Saat Bekerja

Mau Sukses Berkarier? Pakai Aturan 52 dan 17 Saat Bekerja
iStock

Apa kamu selalu duduk seharian depan laptop demi berdedikasi dengan pekerjaan? Hal itu tak akan membuatmu sukses.

Ubahlah cara itu mulai sekarang kalau mau sukses dalam berkarier. Rahasia untuk meningkatkan produktivitasmu di tempat kerja adalah tidak duduk terus di depan laptop selama berjam-jam dan bekerja tanpa istirahat.

Terkejut? Sebuah studi baru-baru ini muncul dengan aturan ‘52 dan 17 'yang menjelaskan cara yang tepat untuk beristirahat sambil bekerja dan pada gilirannya akan meningkatkan produktivitasmu.

img

Sebuah perusahaan teknologi Draugiem Group menggunakan aplikasi pelacakan waktu dan produktivitas khusus untuk menganalisis gaya kerja karyawan dan mencari tahu apa yang membedakan pegawai paling produktif dari lainnya.

Studi ini menyimpulkan bahwa 10% dari peserta yang merupakan karyawan paling produktif tidak selalu bekerja keras. Mereka justru mengambil istirahat 17 menit setelah bekerja keras selama 52 menit. Oleh karena itu, para peneliti datang dengan aturan 52 dan 17, lalu mengklaim itu adalah faktor di balik hasil yang lebih besar.

Dikatakn peneliti, para karyawan yang paling produktif bahkan tidak bekerja selama delapan jam setiap hari. Mereka cenderung menyelesaikan sebagian besar pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Cara kerjanya adalah bekerja dengan konsentrasi penuh selama 52 menit dan fokus menyelesaikan tugas—tidak lupa memberikan yang terbaik untuk itu. Selama 17 menit berikutnya, seseorang harus berhenti bekerja, menahan diri agar tidak memeriksa e-mail dan hanya beristirahat.

img

Apa manfaatnya?

Bekerja berjam-jam tanpa istirahat jelas mengurangi tingkat konsentrasi dan mengorbankan kesehatan. Di sisi lain, mengambil istirahat pendek selama jam kerja membantu mengurangi stres, membuat mata lebih rileks jauh dari ketegangan, memungkinkan karyawan untuk memikirkan masalah dari sudut pandang baru, serta meningkatkan kreativitas.

Untuk itu, pastikan kamu memanfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya. Bahkan kamu bisa menjadi produktif selama istirahat 17 menit saja serta menjaga kesehatan diri sendiri.

Dibandingkan duduk di meja kerja saja sambil menjelajahi situs jejaring sosial, gunakan waktu istirahat untuk berjalan-jalan atau mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Jika bosan, ajak rekan kerja berdiskusi terkait banyak hal selain pekerjaan.

Penelitian turut menunjukkan karyawan yang bersosialisasi selama jam kantor lebih bahagia dan kian produktif di tempat kerja. Lalu bagaimana kalau istirahat selama 17 menit tidak memungkinkan bagimu?

Jika istirahat 17 menit tidak kamu miliki, coba mengurangi waktu menjadi lima hingga sepuluh menit beristirahat. Ingat, tubuh manusia tidak dirancang untuk bekerja terus-menerus tanpa istirahat.

Kamu mungkin menghabiskan waktu relatif lebih banyak di kantor karena istirahat sepuluh menitmu. Meski demikian, hal tersebut akan membantumu untuk menjadi karyawan yang lebih baik.

Selanjutnya: ini kebiasaan orang sukses sebelum pukul 08:00 yang wajib kamu tidur. Apa saja ya yang mereka lakukan? Baca lebih lengkapnya di sini.