Banner

Mau Sukses? Ini Satu Kebiasaan Sederhana yang Perlu Dilakukan

Mau Sukses? Ini Satu Kebiasaan Sederhana yang Perlu Dilakukan
iStock

Dirutinkan yuk, satu kebiasaan yang bisa membantumu meraih kesuksesan.

Siapa sih di dunia ini yang tidak mau sukses? Semua orang tentu menjawab mau! Kamu salah satunya bukan? Ayo jangan mengelak. Itu memang menjadi goals semua orang.

Untuk menggapai kesuksesan dalam hidup, apa yang sudah kamu lakukan hingga detik ini? Sebenarnya, ada satu kebiasaan simpel yang bisa membantumu menggapai kesuksesan. Kebiasaan tersebut bahkan sudah dilakukan oleh orang-orang sukses dan kaya di dunia seperti Bill Gates, Jeff Bezos, dan lainnya. Kebiasaan apa yang dimaksud?

Jawabannya sederhana, bangun pukul 05:00. Lho

img

Penulis populer dari India Robin Sharmamengatakan bahwa waktu di pagi hari menjadi yang paling damai dan tenang. Ketenangan di era milenial sangat diperlukan dan menjadi ‘kemewahan’ yang jangan sampai terlewatkan. 

“Orang-orang sangat tertarik dengan ide satu jam untuk diri sendiri sebelum menjalani hari yang sibuk. Ini seperti mundur ke masa-masa yang lebih sederhana. Saya telah mengajarkan metode bangun jam 5 pagi selama lebih dari 20 tahun. Ternyata hal itu membawa dampak besar bagi hidup para orang sukses sebelum mereka menggapai sukses,” papar Robin.

Penulis buku ‘The 5 AM Club’ yang sudah terjual lebih dari 15 juta copy dan diterjemahkan ke dalam 92 bahasa itu menambahkan, rutinitas pagi hari rupanya dapat membangun semangat dan membuat orang lebih produktif. Robin juga memberikan metode 20, 20, dan 20, yang dibagi atas tiga segmen setelah bangun pukul 05:00.

Urutan pertama adalah 20 menit untuk melakukan aktivitas fisik yang berkeringat. Kemudian segmen 20 menit kedua, perlu berdoa, meditasi, atau menulis jurnal sebelum memulai hari. Dan 20 menit terakhir digunakan untuk membaca, menonton video, atau mendengarkan podcast yang bisa memberikanmu pengetahuan.

“Ada banyak orang dengan banyak uang tapi hanya uang yang mereka miliki. Sangat menginspirasi melihat berapa banyak orang yang ingin menjadi pahlawan dalam hidup mereka, berapa banyak orang yang ingin tumbuh dan bangkit dari keadaan sulit sekarang. Salah satu kunci saya bisa berumur panjang tidak hanya menulis buku tapi memberikan orang lain informasi yang sederhana tapi bisa menciptakan perubahan,” kata Robin lagi.

Kalau kamu bangun jam berapa setiap pagi?

Selanjutnya: jangan pernah lakukan ini ya saat kamu sedang marah, atau kamu akan menyesal. Apa ya?l