Mengenal Emily Weiss, Berawal dari Blog Kini Jadi Unicorn

Mengenal Emily Weiss, Berawal dari Blog Kini Jadi Unicorn
Dok. Instagram @emilywweiss

Jangan remehkan kemampuan menulis blog karena suatu hari bisa menjadi ladang uang yang besar.

Seperti kisah Emily Weiss, perempuan cantik yang memulai karier sebagai blogger dan kini mampu menciptakan kerajaan kecantikan raksasa layaknya Kylie Jenner. Mungkin kalau Kylie Jenner memang sudah populer karena latar belakang keluarga selebriti. Tidak dengan Emily Weiss yang memulai semuanya dari nol.

daihatsu banner

img

Merek kecantikan milik Emily Weiss—Glossier—baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan US$100 juta (Rp1,4 triliun) dalam putaran pendanaan seri D yang dipimpin oleh Sequoia Capital. Dengan pendanaan tersebut, perusahaan Emily Weiss bernilai US$1,2 miliar menurut Wall Street Journal. Ini tandanya merek Emily Weiss menjadi salah satu ‘unicorn’ yang dipimpin perempuan.

Perempuan yang pernah masuk Forbes 30 Under 30 tahun 2015 mulai menulis blog seputar kecantikan pada 2010. Blognya kala itu dinamakan Into The Gloss. Menulis blog menjadi aktivitas sampingannya saat masih bekerja di Vogue

Tulisan Emily Weiss mampu menginspirasi para pegiat kecantikan hingga bisa menghasilkan sekitar US$10 juta per bulan dengan 60% loyal reader. Emily Weiss kemudian melihat peluang di mana perempuan tidak loyal terhadap satu merek kecantikan saja. Untuk itu, ia mencoba membuat mereknya sendiri pada 2014 dengan nama Glossier

img

img

Emily Weiss mengawali langkah membuat produk seperti lip balm, cleanser, dan blush on. Seperti blognya, Glossier memiliki jutaan pengikut dan kini sudah lebih dari 1,9 juta di Instagram.

Dilansir dari Forbes, pendapatan tahunan perusahaan lebih dari dua kali lipat di 2018. Bahkan Emily Weiss juga mendapatkan lebih dari 1 juta pelanggan baru. Emily Weiss  juga meluncurkan merek kedua yakni Glossier Play. 

Perusahaan berbasis di New York itu kini memiliki lebih dari 200 karyawan yang beroperasi tak hanya di Amerika Serikat tapi juga Kanada, Inggris, Republik Irlandia, Prancis, Denmark, dan Swedia. Ada 134 perusahaan yang didukung modal ventura Amerika Serikat dengan nilai lebih dari US$1 miliar. Hanya 16 perusahaan unicorn seperti Glossier yang dipimpin oleh perempuan.

Ingin mengikuti jejak Emily Weiss? Jangan hanya niat tapi mulai lah sesuatu dari apa yang kamu sukai. Kemudian kembangkan minatmu di bidang tersebut dengan sungguh-sunggu maka kesuksesan akan menantimu.

Selanjutnya: kisah Dita Soedarjo mendirikan Haagen-Dasz hingga pernah diselingkuhi mantan. Apa itu Denny Sumargo? Baca di sini artikelnya…

Shop From Our Partner Cathaofficial.com