Mengenal Francoise, Perempuan Terkaya Dunia Dia Bos L'Oreal

Mengenal Francoise, Perempuan Terkaya Dunia Dia Bos LOreal
ISTIMEWA

Forbes mengeluarkan daftar orang terkaya dunia di 2019. Dan inilah perempuan paling kaya di dunia. 

Ketika ditanya siapakah perempuan paling kaya di dunia? Jawabannya saat ini adalah Francoise Bettencourt Meyers, yang merupakan bos brand kecantikan L’Oreal. Really?

Yap, mungkin dia menjadi perempuan yang memang sudah kaya sejak lahir. Francoise Bettencourt Meyers merupakan pewaris dari label kecantikan raksasa L’Oreal yang juga menjabat sebagai pimpinan perusahaan induk keluarganya. Tak heran bila kekayaannya kini mencapai US$49,3 miliar atau sekitar Rp698,5 triliun. Wow!

Berdasarkan runutan sejarah, Francoise Bettencourt Meyers adalah cucu dari pendiri dari L’Oreal, Eugene Schueller (penemu pewarna rambut). Francoise Bettencourt Meyers kemudian menjadi salah satu anggoa dewan di perusahaan keluarga L’Oreal sejak 1997. Ia mulai debut menjadi miliuner sejak kepergian ibunda tercintanya—Liliane Bettencourt—pada 2017. 

img

Kekayaan Francoise Bettencourt Meyers meningkat sebesar 17% atau senilai US$7,1 miliar tahun lalu berkat keuntungan yang diperoleh perusahaan. Ia memiliki 33% saham dan diperkirakan 90% kekayaannya hasil dari saham perusahaan yang mencatat petumbuhan penjualan terbaik lebih dari satu dekade pada 2017 dengan total mencapai US$30,6 miliar. Pendapatan L’Oreal di Asia Pasifik meningkat 20% terutama didorong oleh konsumen China yang besarnya melampaui Amerika Utara dalam hal penjualan. 

Meski ini tahun pertama kalinya Francoise Bettencourt Meyers menduduki peringkat pertama sebagai perempuan terkaya dunia namun namanya sudah tidak asing lagi. Francoise Bettencourt Meyers menjabat sebagai presiden dari Bettencourt Schueller Foundation.

Francoise Bettencourt Meyers pun menjadi filantropi terkenal di Prancis. Perempuan yang berdomisili di Paris itu mampu mengelola yayasan dengan baik dan dianggap sebagai pendorong kemajuan Prancis dalam sains, seni, donatur proyek-proyek sains, sosial, serta kerajinan tradisional.

Yayasan yang dimiliki Francoise Bettencourt Meyers telah menyumbang dana untuk proyek lain termasuk penelitian neuron, dukungan terhadap anak-anak autis, serta paduan suara di Prancis. Ia pun turut dikenal sebagai penulis buku tentang dewa-dewa Yunani.

Francoise Bettencourt Meyers menjadi orang terkaya nomor 15 di dunia namun perempuan paling kaya sejagad raya dalam daftar Forbes World’s Billionaires 2019. Francoise Bettencourt Meyers berhasil menyalip Alice Walton yang menjadi perempuan terkaya di 2018 dengan kekayaan sekarang mencapai US$44,4 miliar atau Rp628,8 triliunan.

Yang perlu kamu tahu, ini 10 peringkat perempuan terkaya di dunia: