Menteri Susi Pudjiastuti Jadi 'Srikandi' Jokowi Terpopuler di Medsos

Menteri Susi Pudjiastuti Jadi 'Srikandi' Jokowi Terpopuler
Dok. Instagram @susipudjiastuti
Menteri Susi Pudjiastuti Jadi 'Srikandi' Jokowi Terpopuler

Woop ingin mengucapkan selamat kepada Ibu Susi Pudjiastuti: Congratulation, Ibu Susi jadi menteri terpopuler!

Siapa menteri favoritmu di era Presiden Jokowi? Apakah kamu tahu siapa menteri terpopuler di media sosial? 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Digital Intellegence Lab, Center for Digital Society (CfDS), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjadi menteri terpopuler di media sosial. Wah, selamat!

Susi Pudjiastuti mengalahkan menteri perempuan lainnya yang ada pada kabinet kerja Presiden Joko Widodo seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Penelitian itu mengolah dari data dari Google trends dan media sosial Instagram dan Twitter yang diambil pada 1 Maret-10 Juni 2019, didapati hasil Menteri Susi memiliki paling banyak pengikut yakni 2,3 juta followers. Kemudian, diikuti oleh Menteri Sri Mulyani (1,3 juta followers), Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (389ribu followers), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (182ribu followers), dan Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Hanif Dhakiri (116ribu followers). 

Dok. Instagram @susipudjiastuti
Dok. Instagram @susipudjiastuti

Baca: Ivanka Trump Bahas Masalah Perempuan Saat Temu Jokowi

"Rentang waktu pengambilan data Twitter dan Instagram per 25 Mei 2019 dan akun yang masuk dalam kriteria pengambilan data adalah akun tokoh yang real dan bukan akun kelompok maupun institusi. Selain itu, warganet juga tertarik dengan kinerja menteri terkait. Kadang ada kasus yang tidak terekspose jika menteri (dalam menggunakan media sosial) bisa menjalankan strategi komunikasi yang baik," ujar Treviliana Eka Putri, Manajer Digital Intellegence Lab CfDS.

Treviliana juga menilai, kepopuleran Susi Pudjiastuti di media sosial adalah karena strategi komunikasi yang sangat personal, baik di Twitter maupun Instagram. Sedangkan, untuk akun media sosial menteri lain hanya lebih banyak ucapan selamat saja tanpa ada interaksi. 

Sekali lagi, congratulation Ibu Susi!

Selanjutnya: Lima destinasi terbaik yang harus kamu kunjungi saat musim panas.