Menurut Peneliti, Ini Satu Hal yang Bisa Merusak Kariermu

Menurut Peneliti, Ini Satu Hal yang Bisa Merusak Kariermu
iStock

Tentu kamu ingin karier meningkat setelah bertahun-tahun kerja kan? Jangan lakukan hal ini yang kata peneliti bisa merusak kariermu.

Semua orang tentu ingin sukses termasuk dalam urusan karier. Namun ketika kamu selalu insomnia atau sering terjaga di malam hari, tak terasa bisa merusak kariermu lho. Masa sih?

daihatsu banner

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Division of Sleep Medicine di Harvard Medical School, kurang tidur bisa memengaruhi suasana hati karyawan, kemampuan berkonsentrasi di tempat kerja, bahkan merusak fungsi otak. Keuntungan jangka pendek dengan begadang selama beberapa jam setiap malam bisa mengurangi produktivitas kamu bekerja menjadi lebih santai pada esok harinya.

img

Meski demikian, kamu tak disarankan untuk begadang terlalu sering karena efek panjang yang tadi disebutkan. Ketika kamu kurang tidur, penelitian dari Universitas Rochester juga menemukan kalau hal tersebut bisa berdampak langsung pada fungsi otakmu.

Peneliti menyebut kalau otak akan mengeluarkan protein beracun dari neuronnya ketika seseorang tertidur yang meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir jernih dan memproses informasi. Saat kamu kurang tidur maka kamu akan sulit fokus.

Apa kamu selalu merasa lapar di kantor? Salahkan juga pola tidurmu. Selain memengaruhi fungsi otak, meningkatkan stres, membuat orang lebih emosional, kurang tidur juga dapat membuat kamu gemuk.

Beberapa penelitian menunjukkan kalau pola tidur yang tidak sehat membuatmu merasa lebih lapar dan mengacaukan metabolisme dalam tubuh. Peneliti pun mengatakan bahwa tubuh akan berjuang lebih keras untuk membakar kalori yang kamu konsumsi jika kurang tidur.

Belum lagi dampaknya terhadap sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur juga akan membuatmu lebih tempramental. Studi lain yang dilakukan pada jutaan pekerja profesional menyimpulkan kalau 90% dari pemain atas memiliki kinerja yang cerdas secara emosional dan kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan. Para orang yang sukses berkarier tahu bagaimana tetap fokus dan menangani emosi mereka dengan cerdas di tempat kerja, sesuatu yang hanya bisa dicapai ketika tubuhmu mendapatkan cukup istirahat.

Untuk itu, ketika kamu merupakan tipe pemarah di tempat kerja setiap hari dan merasa tak dapat memberikan yang terbaik untuk pekerjaan inilah saatnya kamu menganalisis pola tidurmu. Seseorang harus tidur rata-rata tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Ingat, hanya tubuh sehat dan pikiran segar yang dapat membantumu untuk merasa puas, berenergi, dan menjadikan dirimu seseorang profesional yang lebih produktif.

Selanjutnya: ini aturan meminjamkan uang kepada teman. Yuk baca dulu sebelum kamu menyesal...

Shop From Our Partner Cathaofficial.com