Patut Ditiru Para Istri, Cara Ketat Agni Pratistha Atur Keuangan Keluarga

Patut Ditiru Para Istri, Cara Ketat Agni Pratistha Atur Keuangan Keluarga
Dok. Instagram @agnipratistha

Agni Pratistha punya cara ketat dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Ketat dan disiplin dengan baik, itu yang selalu dilakukan Agni Pratistha dalam mengatur keuangan keluarga. Yap, Agni Pratistha mengaku sangat disiplin dengan yang namanya uang. 

daihatsu banner

Puteri Indonesia 2007 itu mempunyai cara tersendiri yang mungkin belum kamu lakukan sekarang. Salah satunya dengan memisahkan tabungan berdasarkan kepentingannya. Bahkan Agni Pratistha mengaku mempunyai delapan ATM berbeda sesuai kebutuhan. 

“ATM buat masukin hasil celengan anak, ATM untuk anak sakit, ATM hura-hura itu ada sendiri, ada ATM sendiri buat liburan yang agak jauh, ATM buat belanja bulanan, ATM untuk masuk uang dari pekerjaan, satu (ATM) lagi nggak disentuh misalnya aku harus pekerjaan keluar negeri jadi nggak minta suami. Sama satu (ATM) buat orangtua. Aku straight banget ya, aku kerja dari kecil jadi aku tahu banget ketika lagi nggak uang gimana,” ungkap Agni Pratistha saat ditemui di acara beberapa waktu lalu di kawasan Jakarta Pusat.

img

Selain punya banyak ATM sesuai posnya masing-masing, Agni Pratistha mengatakan kalau ia berusaha agar menyisihkan uang buat investasi. Agni Pratistha memilih untuk investasi logam mulia dan reksa dana untuk masa depan. 

Di samping itu, Agni Pratistha juga mempunyai buku khusus untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Agni Pratistha menerapkan disiplin terhadap diri sendiri agar membuat pembukuan keuangan rumah tangga. Penting menurutnya buat para istri memiliki catatan tersebut.

In case aku mati suamiku bisa handle. Aku punya buku khusus finansial keluarga isinya dari awal bulanan, do-nya tanggal tanggal berapa sudah dibayar belum, mobil cicilannya gimana, anak-anak juga dibedain, ada buku untuk anak pertama, ada buku buat anak kedua,” jelas Agni Pratistha yang berusia 31 tahun itu.

Untuk bisa mencapai pengaturan keuangan yang sehat, menurut Agni Pratistha perlu adanya dukungan suami. Agni Pratistha sendiri selalu terbuka soal uang dengan suami. Transpransi mengenai keuangan penting buat menjaga keharmonisan pernikahan.

Selain suami, minta nasihat orangtua juga penting bagi Agni Pratistha agar bisa menjadi ‘bendara’ keluarga dengan baik. Ia pun sering berkaca dengan kehidupan kedua orangtuanya yang piawai dalam menyimpang uang sejak dulu. 

“Aku lihat papaku kan dosen dan dia selalu nabung. Aku sering konsultasi juga sama papa,” tambahnya.

Selanjutnya: Woop juga punya tips lain bagaimana bisa menjadi perempuan yang sukses. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com