Ingin Karir Sukses? Ketahui 5 Langkah Membangun Personal Branding di Era Digital!

Ketahui 5 Langkah Membangun Personal Branding di Era Digital
Membangun Personal Branding

Bila kamu ingin membangun personal branding untuk menjalankan Karin kamu. Berikut Woop berikan langkah-langkahnya!

Bila kamu coba meng-Google keyword tentang personal branding maka hasil tampilan pencariannya memberikan lebih dari 10 juta tautan. Dulu dunia personal branding saat itu masih lebih dikenal sebagai program pengembangan diri secara general dan belum banyak orang yang memfokuskan secara khusus kepada sisi personal branding itu sendiri. Walaupun dengan tingginya tingkat pemahaman tentang personal branding, salah pengartian akan hal ini masih banyak terjadi.

Nah, pada artikel ini Woop akan memberikan pengertian dan 5 langkah untuk membangun personal branding di Era Digital!

Apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah cara untuk mempromosikan atau branding diri beserta pencapaiannya dalam hal keahlian dan karir yang dimiliki. Siapapun itu pasti membutuhkan personal branding, baik pebisnis atau pengusaha, programmer, peneliti, penulis, pelukis, graphic designer, atau bahkan mahasiswa sekalipun membutuhkan personal branding pada dirinya.

Langkah-langkah Membangun Personal Branding

1. Memaksimalkan dalam Media Sosial

ersonal Branding - Memaksimalkan dalam Media Sosial
ersonal Branding - Memaksimalkan dalam Media Sosial

Intinya kamu harus meriset terlebih dahulu. Ada banyak media sosial yang bisa kamu gunakan untuk keperluan personal branding, contohnya Instagram, Youtube, Facebook atau bahkan LinkedIn. Kamu bisa saja menggunakan satu, dua atau bahkan semua platform media sosial yang ada.

2. Membuat Website Pribadi

Personal Branding - Membuat Website Pribadi
Personal Branding - Membuat Website Pribadi

Enggak perlu khawatir bakal ribet, sekarang teknologi semakin canggih membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali. Cukup beli hosting, domain dan install platform pembuatan website deh, mudah kan?

Baca juga: Program Mentoring Harvard untuk Perempuan di Bidang IT

3. Buat Strategi Untuk Konten

Personal Branding - Buat Strategi Untuk Konten
Personal Branding - Buat Strategi Untuk Konten

Untuk pencapaian dalam personal branding, baiknya diperlukan strategi konten, kamu bisa memulainya dari blog. Dengan membuat konten yang bermanfaat dan menarik kamu bisa mengajak banyak pembaca. Dari situ kamu bisa mengumpulkan banyak pembaca, lalu kamu bisa mulai menawarkan mereka jasa atau produk yang kamu jual.

4. Perbanyak Networking

Personal Branding - Perbanyak Networking
Personal Branding - Perbanyak Networking

Hal ini enggak bisa dihindari dalam personal branding. Walaupun kamu adalah orang yang pemalu atau enggak suka bertemu dengan banyak orang ataupun orang asing, perbanyak networking itu adalah sebuah keharusan. Melalui hal ini kamu bisa bertemu partner kerja baru, peluang kerja lebih banyak, klien baru atau bahkan sampai investor baru.

5. Ambil Langkah Berkolaborasi

Personal Branding - Ambil Langkah Berkolaborasi
Personal Branding - Ambil Langkah Berkolaborasi

Bila ingin mengajak orang untuk berkolaborasi, kamu harus menemukan hal yang satu visi dan misi dengan kamu. Dengan kolaborasi, kamu bias mendapatkan insight baru dan karya baru bersama partner kolaborasi kamu. Hal ini benar-benar bisa jadi satu kunci sukses personal branding kamu.

Itulah rangkuman Woop mengenai pengertian dan langkah-langkah membangun personal branding di Era Digital ini. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa mulai membangun personal branding kamu sendiri ya, Woop Ladies!

Selanjutnya: 

Loading Facebook Comment ...