Banyak yang Belum Tau, Rahasia-rahasia Terdalam Hotel Langgananmu

Rahasia-rahasia Terdalam Hotel Langgananmu
Rahasia Terdalam Hotel

Pssst… bisa jadi mereka tidak mau kita tahu, tapi sekarang….

Most of the hotels and their staffs want you to have a lovely stay, tapi itu tidak berarti mereka tidak menjaga sedikit rahasia untuk diri mereka sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang staf hotel tidak akan beritahu, dan mungkin tidak ingin kamu tahu.

  • Telepon hotel langsung untuk rate pemesanan yang lebih baik.

Situs pemesanan online memang praktis dan nyaman, tapi kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan room rate yang lebih rendah jika kamu menelepon hotel langsung. Hotel membayar komisi hingga 25 persen pada situs-situs tersebut, sehingga sebagian besar dapat menawarkan rate yang lebih murah jika kamu meminta langsung.

  • Be nice to your front desk officer.

Ketika check-in, staf front desk memilih ruang untuk tamu, dan ia tahu apakah kamar itu baik atau tidak. Staf hotel hafal benar tentang: kamar yang besar atau kecil, jarak kamar dari lift, memiliki pemandangan yang baik atau seram, dan berisik.

That being said, mereka mungkin tidak tahu tentang masalah seperti remote tanpa baterai atau mesin kopi yang tak berfungsi, karena masalah ini sering tidak dilaporkan oleh tamu sebelumnya. Jadi jika kamu memiliki hal-hal kecil yang ingin diminta, ask politely to the front desk.

  • Please, tip your housekeeper.

Pelayan hotel tidak memiliki gaji tinggi. Biasanya, hanya upah minimum, sehingga setiap tip sangat membantu mereka. Pastikan kamu meninggalkan tip di bawah bantal (kode tip universal untuk hotel). Jika kamu menginap lebih dari satu malam, the best is to leave a tip each day, karena kamarmu belum tentu ditata oleh staf yang sama dua kali. Besarnya tip haruslah tergantung pada berapa banyak bintang yang dimiliki hotel dan seberapa besar ruangan. (More stars mean more job for them!)

  • Kamarmu mungkin rapi, tapi tidak benar-benar bersih.

Housekeeper dapat membersihkan 10 sampai 30 kamar per hari. Oleh karena kesibukan antara check-out dan check-in, staf biasanya harus bekerja sangat cepat sehingga hanya tersedia sekitar 15 - 20 menit untuk membersihkan setiap kamar. Bayangkan dalam waktu sependek itu, mereka harus merapikan dan mengganti sprei tempat tidur, mengganti barang-barang yang habis digunakan semalam sebelumnya (seperti gelas, handuk dan cangkir kopi), memeriksa mini bar. Pikirkan tentang kamar tidur dan kamar mandimu sendiri, seberapa banyak yang bisa dibersihkan dalam waktu 15 menit? That’s how clean your room is.

  • Waspadalah terhadap isi mini bar.

Jika ingin sesuatu dari mini bar, periksa tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu. Banyak hotel tidak memiliki jadwal khusus untuk mengisi ulang isi minibar, so be safe and sure.