Review Aplikasi Money Lover: Atur Keuangan Kamu Lewat Smartphone

Review Aplikasi Money Lover: Aplikasi Keuangan di Smartphone
Aplikasi Keuangan Money Lover
Review Aplikasi Money Lover: Aplikasi Keuangan di Smartphone

Mau mulai mencoba mengatur keuangan kamu? Coba gunakan aplikasi keuangan Money Lover di smartphone kamu. Ini reviewnya!

Rating
  • overall

Agar arus keuangan selalu terjaga, pastinya kamu membutuhkan pentatan keuangan secara tertulis, salah satunya menggunakan aplikasi keuangan yang tersedia pada smartphone. Dengan melakukan pencatatan keuangan, kamu bisa mengetahui kemana saja uang kamu keluar.

Selain melakukan pembukuan dengan cara menuliskannya di sebuah buku yang bisa dibilang adalah cara kuno, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Money Lover yang bisa kamu donwload di smartphone-mu. Aplikasi ini sendiri masuk ke dalam nominasi 5 aplikasi terbaik di Google Play pada ajang Google I/O tahun 2017 silam lho.

Selain hadir dalam bentuk aplikasi smartphone, Money Lover juga bisa diakses melalui software komputer berbasis Windows dan juga tersedia dalam aplikasi web lho. Jadi mudah banget mengaksesnya.

Yuk langsung aja kita review aplikasi Money Lover!

Desain Aplikasi Money Lover

Desain Aplikasi Money Lover
Desain Aplikasi Money Lover

Bisa dibilang tampilan aplikasi Money Lover adalah salah satu yang terbaik di antara aplikasi dengan jenis serupa. Menu yang tersusun rapi dan beberapa ikon pilihan yang beragam menjadi daya tarik tersendiri untuk aplikasi ini.

Mungkin ada beberapa orang yang sedikit terganggu dengan dominasi warna hijau pada aplikasi ini. Namun, semua kembali lagi ke masalah selera masing-masing. Kalo menurut Woop malah mencerminkan kedamaian dan keseimbangan yang membuat kita lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Desain: 80 poin

Baca: 6 Cara Cerdas Atur Keuangan yang Bikin Hubungan Awet

Fitur Aplikasi Money Lover

Kategori Aplikasi Money Lover
Kategori Aplikasi Money Lover

Secara garis besar, aplikasi Money Lover digunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu sehari-hari. Namun, ada beberapa fitur lainnya yang membuat aplikasi ini lebih spesial, seperti bisa mengkatagorikan keluar masuknya uang, contohnya uang yang masuk dari gaji kah, pemberian kah, lalu uang keluar untuk makan, membayar biaya bulanan, atau yang lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuat jadwal untuk pembayaran billing kamu setiap bulannya, seperti membayar listrik, membayar cicilan, dan lainnya. Kamu juga bisa menskronisasikan aplikasi Money Lover ke akun bank kamu, tentunya dengan membuka fitur-fitur premium yang berbayar.

Event Aplikasi Money Lover
Event Aplikasi Money Lover

Jika kamu sudah menikah, aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk menghubungkan akun Money Lover dengan pasangan kamu. Jadi kamu bisa mengatur keuangan secara bersama-sama.

Agar lebih terkontrol, aplikasi ini juga bisa menentukan budget dalam melakukan sesuatu hal, misalkan budget untuk makan, budget liburan, budget hiburan, dan lain sebagainya.

Budget Aplikasi Money Lover
Budget Aplikasi Money Lover

Namun, ada satu kesalahan yang cukup fatal pada aplikasi Money Lover ini. Pada aplikasi ini, keuangan akan dipisahkan menjadi dua, yaitu uang di dompet dan uang di dalam akun bank jika kamu mensinkronisasikan akun bank kamu. Namun, jika kamu berbelanja dalam kategori makanan dengan keuangan yang berbeda, maka Money Lover akan memisahkan kategori ini menjadi dua, bukan menyatukannya.

Hal ini tentunya bertentangan dengan teori akuntansi dimana belanja dalam kategori yang sama, seharusnya dimasukkan ke dalam kategori yang sama pula walau pembayaran dilakukan melalui cash ataupun dengan menggunakan bank.

Fitur: 60 poin

Fitur Premium

Fitur Premium Aplikasi Money Lover
Fitur Premium Aplikasi Money Lover

Dengan modal Rp 99.000, kamu sudah bisa merasakan beberapa fitur premium yang terdapat pada aplikasi ini, seperti membuat banyak kategori keuangan sebanyak-banyaknya seperti kategori tabungan, investasi, reksa dana, dan lain sebagainya. Lalu, ada juga fitur mengeksport transaksi ke dalam bentuk Excel, dan tidak adanya iklan. Tentunya, dengan semua fitur ini, harga Rp 99.000 Woop nilai cukup murah untuk sebuah aplikasi keuangan.

Fitur Premium: 90 poin

Kesimpulan

Sebenarnya aplikasi Money lover adalah sebuah aplikasi keuangan yang kaya akan fitur. Beberapa fitur seperti sharing yang berguna untuk mengelola keuangan keluarga, budgeting agar kondisi keuangan kamu tetap stabil, dan lainnya sangat berguna sekali.

Sayangnya, menurut Woop, sebuah aplikasi keuangan seharusnya mempunyai standar akuntansi sebagai acuan sang developer untuk membuat aplikasi ini. Gagalnya aplikasi ini untuk mengolah kategori pengeluaran tentunya membuat aplikasi ini terasa pincang.

Namun, untuk kamu yang ingin mencoba untuk mengatur keuangan kamu, aplikasi Money Lover Woop rekomendasikan untuk kamu yang bisa kamu download di smartphone Android dan juga iOS.

Selanjutnya: Buat kamu yang memiliki aktivitas yang padat setiap harinya namun tetap ingin olahraga, mungkin aplikasi 5 Minutes Yoga solusinya!