Ria Miranda: Jadikan Customer 'Raja' Kalau Mau Sukses Berbisnis

Ria Miranda: Jadikan Customer Raja Kalau Mau Sukses Berbisnis
Dok. Alexander Suryo/Woop

Desainer Ria Miranda memberikan tips jika mau bisnis sukses dan sustainable. Salah satunya dengan konsep pelanggan itu ‘raja’.

Ria Miranda menjadi salah satu desainer busana muslim populer yang sukses jualan hijab hingga ke negeri Jiran. Setelah 10 tahun berkarya, Ria Miranda berhasil mempertahankan merek dagangnya dari 2009 hingga 2019. Bahkan ia sudah memiliki komunitas loyal customer sendiri yang dinamakan RMLC (Ria Miranda Loyal Customer) tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Ria Miranda, dengan customer itu harus selalu dijaga hubungannya. Pelanggan perlu dijadikan ‘raja’ agar bisa lebih dekat dan mendapatkan feedback terbaik demi meningkatkan kualitas produk.

Ria Miranda pun rutin menggelar berbagai aktivitas menarik untuk para pelanggan setianya. Ini yang menjadi kunci utama Ria Miranda bisa mempertahankan bisnis hijabnya selama 10 tahun.

“RMLC memang dibentuk sama customer sendiri. Mereka awalnya suka dengan brand Ria Miranda. Terus saling review, sekarang alhamdulillah berkembang. Biasanya mereka kita rutin undang saat Ria Miranda annual show. Aku memang melakukan pendekatan ke customer sendiri, rutin mengadakan parenting class atau lainnya, membuat mereka seperti keluarga nggak ada jarak antara kita. Itu salah satu yang memguatkan mereka untuk setia dengan brand Ria Miranda,” papar Ria Miranda.

img

Selain melakukan pendekatan bahkan Ria Miranda sering mengundang pelanggan setianya untuk melihat koleksi terbaru sebelum diluncurkan. Ia meminta saran para penikmat karyanya tersebut agar mendapat masukan yang lebih relate.

Tak heran bila ada sejumlah pelanggan fanatik yang sampai rela datang pukul 03:00 menunggu butik Ria Miranda buka hanya demi membeli koleksi terbarunya. Wow!

Suami Ria Miranda sekaligus orang di balik kesuksesan brand Ria Miranda—Pandu Rosadi—menambahkan, dalam bisnis memang penting menjaga hubungan baik dengan customer. Untuk menjaga loyality customer sangat sulit karena merek hijab di Indonesia sangat bervariasi ya terutama seiring berkembangnya zaman yang mulai dikuasi milenial.

Untuk itu, Pandu Rosadi menyarankan pengusaha pemula agar bisa konsisten dengan bisnis yang dijalankannya. Jangan sedikit-sedikit berubah karena mengikuti tren atau perkembangan zaman. Sangat disarankan melakukan perubahan tapi tetap konsisten dengan DNA produknya. 

Selanjutnya: fenomena hijab bekas Ria Miranda yang bisa jadi investasi. Masa sih? Baca artikelnya di sini