Saat Wawancara Kerja Kepribadianmu Dinilai Berdasarkan Hal Kecil Ini

Saat Wawancara Kerja Kepribadianmu Dinilai Berdasarkan Hal Kecil Ini
ISTOCK

Atau pada saat kencan pertama—mulai dari salaman sampai ujung sepatu. 

Boleh saja kamu percaya bahwa kamu hanya menilai orang berdasarkan substansi percakapan dan tingkah laku yang kasat mata, tapi penelitian membuktikannya sebaliknya. Fakta berbicara: sebagian besar dari kita menilai seseorang berdasarkan hal-hal kecil, bahkan kadang-kadang sangat kecil yang harusnya hanya bisa terlihat dengan mikroskop. Dasar-dasar penilaian ini hampir berlaku sama entah itu pada saat menghadiri sebuah wawancara pekerjaan baru atau kopi darat online dating.

Daftar ini dibuat bukan karena WOOP ingin membuat kamu jadi sangat sadar diri dan super sensitif. Melainkan untuk memberikan sebuah pertimbangan tentang apa yang dinilai oleh calon bos atau calon pacarmu pada pertemuan pertama.  Tentu saja kamu memiliki pilihan untuk tidak mempercayai penilaian tersebut—tapi putuskan itu setelah membaca ini.

1. Jabatan tangan

Umumnya orang yang memiliki jabatan yang lemah diasosiasikan dengan rasa kurang percaya diri dan cenderung santai. Sebuah penelitian dari University of Alabama memperlihatkan bahwa meski memang tidak valid untuk menilai kompetensi seseorang dari jabatan tangan mereka, tapi kita bisa mengidentifikasi personalitas seseorang dengan cukup akurat melalui hal ini. Contohnya, sebuah penelitian menemukan bahwa jabatan tangan yang tegas mencerminkan kepribadian yang tidak pemalu, bukan pencemas, dan lebih ekstrovert.

2. Tulisan tangan

Ada banyak opini tentang tulisan tangan dan kaitannya dengan kepribadian. Contohnya seorang graphologis, Kathi McKnight mengatakan bahwa huruf-huruf yang besar mengindikasikan bahwa seseorang yang ekstrovert, mudah bergaul, suka menjadi pusat perhatian, sementara huruf kecil mencerminkan kepribadian yang pemalu, rapi, dan rajin. Orang-orang yang serius lebih menekan bolpen saat menulis, sementara mereka yang lebih empatik dan sensitif cenderung menulis dengan tekanan ringan. Ada juga yang bilang bahwa kerapian atau kacaunya tulisan memperlihatkan kemampuan keorganisasianmu. Akan tetapi, kebanyakan penelitian tidak memiliki hasil yang konklusif. Saran WOOP, jika kamu harus menuliskan sebuah surat resmi, ketik saja dengan komputer (terkecuali jika diharuskan tulis tangan).

3. Kecepatan berjalan

Penelitian menemukan bahwa orang yang jalannya pelan cenderung ekstrovert dan suka berpetualang, sementara yang jalannya tergesa-gesa lebih cepat khawatir.

4. Warna kesukaanmu

Jika saat menghadiri wawancara atau kencan pertama kamu mengenakan warna-warna gelap (hitam atau abu-abu), maka kamu termasuk dalam kategori orang yang sensitif, artistik, dan perhatian dengan detail. Lain halnya ketika kamu mengenakan baju berwarna merah akan dianggap sebagai pribadi yang menikmati hidup dan proaktif. Sementara pemakai baju hijau akan dinilai sebagai orang yang setia, perasa, dan penyuka warna putih akan diasosiasikan dengan pribadi yang rapi dan penuh dengan logika. Dan warna biru dikaitkan dengan pribadi yang stabil, sensitif, dan memikirkan orang lain.

5. Menggigit kuku

Atau sering menyentuh wajah atau mencubit-cubit kulit biasanya diindikasikan sebagai seseorang yang memiliki kepribadian pencemas, gampang panik, dan kurang memiliki kontrol diri. Penelitian dari University of Michigan memperlihatkan bahwa perilaku seperti ini menandakan tabiat seorang perfeksionis dan biasanya lebih sering melakukan ini ketika mereka sedang merasa frustasi atau bosan.

HALAMAN
123
Shop From Our Partner Cathaofficial.com