Saran Pengusaha: Bicaralah Soal Gaji dengan Rekan Kerja

Saran Pengusaha: Bicaralah Soal Gaji dengan Rekan Kerja
iStock

Ternyata gaji perlu dibicarakan dengan rekan kerja terdekatmu. Kenapa ya?

Ketika gaji menjadi topik yang ‘sangat dilarang’ dibicarakan takut ada perselisihan namun kamu malah diminta untuk mendisuksikan hal tersebut dengan sesama rekan kerja. Pengusaha sukses Kevin O’Leary memberikan alasan mengapa gaji perlu dibicarakan dengan rekan kerja.  

daihatsu banner

“Mungkin kamu tahu ketika berbicara dengan teman-teman di industri yang sama, mereka punya gaji berbeda-beda. Kamu perlu tahu berapa gaji mereka? Dengan mengetahui hal tersebut maka akan bisa mengetahui berapa nilai pasar terhadap dirimu,” jelas Kevin O’Leary seperti dikutip dari CNBC internaisonal.

Faktanya di lapangan, berbicara soal gaji masih sering dianggap tabu. Survei Bankrate pada 2018 menemukan bahwa dari 4 orang, hanya 1 yang pernah berbicara soal gaji dengan rekan kerja mereka. 33% karyawan yang berbagi soal gaji adalah milenial dan 58% memilih membicarakan hal tersebut dengan sahabat karibnya. 

“Orang sering khawatir berbicara tentang uang bisa ditafsirkan secara negatif oleh bos mereka. Itu konyol. Saya pun tahu bahwa staf saya membicarakan gaji mereka, itu bukan rahasia,” kata Kevin O’Leary lagi.

Kevin O’Leary menambahkan, ketika sesama rekan kerja saling berbagi informasi mengenai gaji masing-masing bisa membantu meningkatkan gajimu nantinya. Berdasarkan pengalaman, Kevin O’Leary mengaku ketika akan memberikan kenaikan gaji kepada satu orang dalam sebuah departemen, ia memikirkan seseorang lain yang di samping karyawan tersebut. 

“Mungkin saya harus memberi kenaikan gaji juga kepada seseorang yang bekerja tepat di samping mereka. Ini hal yang baik karena saya ingin memperlakukan semua orang secara adil. Saya hanya ingin karyawan bahagia terutama karyawan yang baik. Saya tidak ingin kehilangan karyawan terbaik.”

Berbicara soal gaji tak hanya menguntungkan kamu secara finansial tapi juga dalam profesionalitas. Kevin O’Leary mengatakan kalau mendiskusikan gaji dengan rekan kerja bisa membangun ikatan yang positif.

“Jika kamu ingin benar-benar dekat dengan seseorang, bicaralah soal uang dengan orang itu. Semua peduli tentang uang, semua orang memikirkannya, semua orang harus memilikinya. Ini adalah topik yang bagus dibahas. Mengapa? Kamu mungkin bisa belajar sesuatu. Kamu mungkin melihat bagaimana orang lain bekerja dengan uang dan itu hal yang baik,” tandasnya.

Selanjutnya: sebelum berbicara dalam sebuah forum, ketahui dulu aturan-aturan menyampaikan pendapat di tempat kerja

Shop From Our Partner Cathaofficial.com