Studi: Serius, Pertemanan di Kantor Bisa Buat Kamu Gemuk

Studi: Serius, Pertemanan di Kantor Bisa Buat Kamu Gemuk
iStock

Percaya nggak percaya, pertemanan bisa membuatmu kelebihan berat badan lho. Tanpa sadar kamu merasakannya ya?

Mungkin kamu selalu menyalahkan makanan karena membuat berat badan bertambah. Namun lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh. Bahkan penelitian menyebut kalau pertemanan bisa membuatmu gemuk.

daihatsu banner

Setiap pagi kamu berusaha untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti memperhatikan kombinasi protein, karbohidrat, dan tambahan lemak sehat. Kamu juga bawa bekal agar tidak memilih makanan yang hanya bisa 'menyenangkan' lidahmu saja.

Meski demikian, ketika kamu sampai kantor dan rekan kerja berdiskusi untuk memesan makanan yang bisa disantap bersama-sama maka akan sulit ditolak. Sulit bagimu untuk menolak tawaran rekan kerja apalagi kalau gratis. Betul?

Oh no! Itu tidak membahayakan tapi bisa mengkhawatirkan...untuk tubuhmu lebih tepatnya.

Sebuah studi terbaru mengungkap kalau obesitas menyebar seperti 'penyakit menular' namun cara tertularnya lewat lingkup sosial. Penelitian ini dilakukan oleh University of Southern California yang mempelajari prilaku keluarga. Ukuran sampel penelitian adalah 1.314 orangtua dan 1.111 anak-anak.

Banyak orang mengaku sering mengonsumsi minuman beralkohol di pesta karena teman-teman mendorong mereka agar minum lebih banyak. Nah sekarang ada penelitian yang menunjukkan bahwa lingkaran sosialmu bertanggung jawab atas berat badanmu.

"Penularan sosial terkait obesitas berarti banyak temanmu yang gemuk hingga mengalami obesitas maka itu bisa meningkatkan peluang untuk menjadi gemuk. Secara tidak sadar, kamu dipengaruhi oleh apa yang dilakukan orang sekitarmu. Gaya hidup mereka bisa mempengaruhi gaya hidupmu, ada pengaruh sosial di sini," kata peneliti.

Selain itu, penyebab utama lainnya kenapa pertemanan bisa membuatmu lebih gemuk karena sering memesan junkfood di kantor. Porsi makanan cepat saji yang lebih besar dengan alasan bisa dikonsumsi bersama-sama yang membuat orang menjadi gemuk. Dan yang perlu kamu tahu, ukuran porsi makanan saat ini 20% lebih besar dibanding 30 tahun lalu.

Meski mencoba menambahkan opsi yang lebih sehat, makanan ini kaya kalori dan sodium. Untuk itu, kamu harus tetap membatasi makanan yang kurang sehat. Coba berani menolak bujukan teman kantor.

Selanjutnya: menurut penelitian, ini satu hal yang bisa merusak kariermu. Apa ya?

Shop From Our Partner Cathaofficial.com