Tanda-Tandanya Kamu adalah Karyawan Idaman

Tanda-Tandanya Kamu adalah Karyawan Idaman
ISTOCK

Jika tidak mengalami ini, tanda-tandanya ada yang harus diperbaiki.

Mencari tahu dan bertanya kepada bos apakah performamu di kantor sudah jempolan atau "ugh" terkadang memang rumit. Di sisi lain, jika selalu menuntut atau berusaha terlalu keras untuk mendapatkan pengakuan, kesannya kamu terlalu percaya diri atau sebaliknya. Jadi, daripada bolak-balik menanyakan hal yang sama setiap minggu kepada bos atau teman sekerja, lebih baik lakukan sendiri. Business Insider membuat daftar kebiasaan kerja atau disebut "tanda-tanda halus" bahwa kamu sebenarnya adalah karyawan idaman dan teladan bulan ini. 

1. Orang-orang mudah bergaul denganmu.

Jika teman-teman sekantor berusaha sekuat tenaga untuk tidak makan siang, sepertinya kamu perlu memperbaiki kemampuan sosial. Semakin ramah, semakin mudah orang lain berteman denganmu. 

2. Kamu bisa diandalkan. 

Jika kolega memiliki keyakinan bahwa kamu akan menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan efisien dan hasil maksimal, mereka akan memberikan kepercayaan lebih dan mengandalkanmu, terutama pada saat kritis. 

3. Orang lain meminta saran dan petunjuk darimu.

Jika melihat seorang teman sedang susah payah mengerjakan sesuatu yang kebetulan merupakan keahlianmu, jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Tidak hanya ini menjadi sebuah kesempatan memperlihatkan kehebatanmu, tapi juga mempromosikan budaya sehat dalam tim kerja.

4. Kamu memiliki inisiatif tinggi.

Jika tiba-tiba menyadari 'kok kayaknya gue nggak ada kerjaan, ya', ini bisa berarti kamu kurang proaktif. Alih-alih menunggu diberikan tugas, cobalah untuk berinisiatif meminta/mencari tugas. Tidak hanya membuat orang lain terkesan, tapi juga artinya kamu kerjanya cepat.

5. Kamu menyelesaikan pekerjaan. 

HALAMAN
12