Terapkan 5 Hal Ini Agar Tidak Miskin diawal Bulan

Terapkan 5 Hal Ini Agar Tidak Miskin diawal Bulan
SHUTTERSTOCK

Sudah gajian? Agar gajimu tidak habis, coba terapkan hal-hal ini.

Akhir bulan sudah datang saatnya untuk gajian! Meski menyenangkan diawalnya, tetap saja uang jerih payahmu selama sebulan bekerja habis dengan cepatnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebenarnya ada dua jawaban dari keadaan ini; kebutuhan mendesak atau kesalahan kita dalam mengelola keuangan yang menjadi penyebab gaji cepat habis.

Sebenarnya, gaji yang diterima sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan atau bahkan lebih. Akan tetapi, gaya hidup yang salah menjadi alasan mengapa gaji yang diterima terasa kecil. Kesalahan dalam mengelola keuangan biasanya dimulai saat gaji baru diterima.

Biasanya, ketika gaji sudah berada di tangan, terlintas di pikiran tentang apa saja yang perlu dibeli atau yang ingin dilakukan dengan uang tersebut. Nah, jika tidak dapat mengontrol gaji tersebut dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan muncul masalah pada kondisi keuangan. Maka dari itu, Woop menyarankan kamu untuk menerapkan hal-hal 'sederhana' ini agar tidak miskin di awal bulan:

  • Menabung
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Yep, cara ini sudah sering kamu dengar--dan mungkin sudah diterapkan dalam hidupmu. Menabung menjadi cara pertama untuk bisa tetap memiliki uang sampai gajian selanjutnya. Kamu bisa membuat rekening yang dikhususkan untuk menyimpan sebagian gaji yang diterima. Sisihkan sebanyak 10% hingga 30% dari gaji yang diterima. Sesuaikan juga dengan pengeluaran kebutuhan rutin perbulannya. Terpenting: Pastikan untuk tidak membuat kartu ATM! Hal ini menghindari kamu dari godaan untuk menggunakannya. Menyimpan sebagian gaji juga dapat menjadi penolong jika terjadi hal-hal diluar dugaan yang membutuhkan biaya. Jadi, jaga rekening tersebut dengan benar untuk kegiatan menabung saja.

  • Lakukan Skala Prioritas Kebutuhan
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Banyak orang yang masih sering melupakannya. Padahal membuat skala prioritas kebutuhan menjadi hal yang terpenting. Karena dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu.

Bukan hanya ditabung, uang gaji yang kamu terima bisa kamu sisihkan untuk kebutuhan-kebutuhan penting lainnya seperti membayar tagihan dan juga makan sehari-hari. Kalau budget untuk kebutuhan tersebut sudah tersedia, kamu baru bisa memikirkan sisanya akan dialokasikan untuk keperluan lain. Siapkan juga dana darurat jika sewaktu-waktu ada kegiatan atau acara yang memerlukan budget khusus seperti adanya pernikahan atau sakit yang datang tiba-tiba.

  • Belanja dengan Bijak
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Jangan karena ada diskon, kamu menjadi 'gila' belanja. Memang, berbelanja barang yang didambakan akan terasa menyenangkan, tapi jangan sampai berbelanja tanpa membuat perhitungan matang terlebih dahulu karena akan merugikanmu.

Untuk itu, kamu disarankan untuk menyiapkan anggaran khusus untuk berbelanja hal yang diinginkan setelah menyisihkan gaji untuk ditabung dan memenuhi keperluan prioritas. Meski sudah menyiapkan dana khusus untuk berbelanja, pastikan juga untuk bersikap bijak agar uang tidak dikeluarkan untuk hal-hal yang kurang penting.

  • Bijak Menggunakan Kartu Kredit
SHUTERSTOCK
SHUTERSTOCK

Kartu kredit memang menjadi penolong disaat kita tidak memiliki uang. Namun perlu diperhatikan dalam menggunakannya! Pergunakan kartu kredit dengan bijaksana agar keuangan tetap terkontrol dan tidak merasa terbebani ketika melakukan pembayaran tagihan. Lunasi segala tagihan pembayaran dengan segera setelah menerima gaji, agar tidak menjadi beban pikiran.

  • Kunci Keuangan Sukses adalah Dirimu Sendiri
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Meski semuanya sudah kamu lakukan, namun tetap saja kamu 'miskin' diawal bulan berarti ada hal yang salah pada dirimu. Sebenarnya, usaha untuk menghindari kehabisan gaji bergantung pada cara kamu mengelola pendapatan.