Lilian Rincon, Perempuan Hebat Keturunan Indonesia dibalik ‘Kecanggihan’ Google

Ternyata Petinggi Google Amerika Adalah Keturunan Indonesia
Dok. Instagram @lilrincon - Lilian Rincon, Perempuan Hebat Keturunan Indonesia dibalik Kecanggihan Google

Indonesia harus berbangga, sebab ternyata ada sosok perempuan hebat dibalik ‘kecanggihan’ google. Yep, dia adalah Lilian Rincon.

Siapa yang tidak kenal dengan Google? Teknologi mesin pencari ‘terlengkap’ dan canggih ini sudah menjadi andalan bagi jutaan umat manusia di muka bumi ini, karena memudahkan kita untuk mendapatkan segala informasi. Namun, bukan google kalau tidak bisa berinovasi lebih canggih lagi—dan Google Search masih menjadi produk yang paling laris digunakan—masih banyak terobosan teknologi lainnya yang ternyata tidak kalah mumpuni, salah satunya adalah Google Assistant.

Bagi yang belum tahu, Google Assistant adalah sebuah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar.

Oke, sekarang Woop tanya: Apakah kamu tahu, siapa orang dibalik teknologi ‘asisten virtual’ ini?

Di balik canggihnya Google Assistant ternyata ada ‘tangan dingin’ dari perempuan hebat keturunan Indonesia bernama Lilian Rincon. Menjabat direktur produk manajemen Google Assistant, perempuan cantik ini memimpin sekitar 20 orang di markas pusat Google di Montain View, California, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi anggota tim lainnya yang tersebar di seluruh dunia. Dia pun bertanggung jawab terhadap pengembangan ‘asisten pintar’ andalan Google ini. Wah, bangga!

Lilian Rincon dilahirkan dari seorang ibu yang berasal dari Indonesia, dan ayahnya berasal dari Venezuela. Sejak kecil Lilian Rincon memang tinggal bersama ibu dan ayahnya.

"Nenek saya adalah imigran muda dari China ke Indonesia di Perang Dunia II. Dia tidak punya apa-apa dan buta huruf. Tapi kepribadiannya karismatik, bagus dalam matematika dan sangat pekerja keras,” kata Lilian Rincon ketika berkisah tentang keluarganya.

Baca: Sherly Annavita, Millennial yang Berani Sindir Presiden Joko

Selain itu, Lilian juga menceritakan bahwa sang nenek sukses membangun bisnis kain dan dealer mobil di Indonesia. Ibunya, Jeanny Rincon, kuliah ilmu komputer di Inggris, tinggal bersama suami dan dua anaknya. Bahkan, sang ibu tercatat pernah bekerja di IBM Inggris, kemudian pindah ke Venezuela dan menikah dengan pria setempat sampai akhirnya lahirlah Lilian Rincon ke dunia.

Dok. Instagram @lilrincon - Lilian Rincon, Perempuan Keturunan Indonesia dibalik Kecanggihan Google
Dok. Instagram @lilrincon - Lilian Rincon, Perempuan Keturunan Indonesia dibalik Kecanggihan Google

Menjadi salah satu orang hebat dibalik nama besar Google, Lilian Rincon mulai bekerja pada tahun 2017 dan sekarang memimpin tim global sejumlah kurang lebih 150 orang. Sebelumnya, dia bekerja di divisi Skype dan Microsoft.

Sebagai bos Google Assistant, Lilian Rincon sering tampil sebagai pembicara di banyak event dan sering tampil di media massa. Lilian mengaku, timnya di Google adalah "jantung dari teknologi Assistant."

"Saya mengagumi cara mereka mengatur pekerjaan dan berkolaborasi. Ada saja tipe tim yang mengerjakan permukaan mobile, ada juga yang menjadi pembicara untuk bagian hardware," ucapnya.

Dia pun melanjutkan, “Tim saya adalah yang memikirkan hal-hal apa yang bisa dilakukan Google Assistan.”

Meskipun sibuk dengan segala pekerjaannya ternyata sosok Lilian sangat mementingkan keluarga. Saat ini, Lilian tinggal di San Carlos, California, bersama keluarga kecilnya ini. Lilian mengaku selalu menyeimbangkan pekerjaan dengan perannya sebagai seorang ibu. Ia masih suka mengantar anak-anaknya ke sekolah dan tetap profesional dengan kariernya.

Selanjutnya: Tampilkan gaya favoritmu bersama warna kuning yang cerah. Begini tips dan trik-nya!

Loading Facebook Comment ...