Tips Mengatur Waktu Buat Ibu Pekerja

Tips Mengatur Waktu Buat Ibu Pekerja
ISTOCK

Kamu seorang working mom? Woop mencoba berbagi kiat untuk bisa mengatur waktu yang ideal demi pekerjaan serta keluarga.

Menjadi seorang working mom tentunya tidak mudah, khususnya dalam membagi waktu antara karier dan keluarga. Lantas, apa yang harus dilakukan jika ingin keduanya berjalan seimbang? 

Bagi perempuan yang menjalankan dua ‘profesi’ sekaligus, baik itu sebagai ibu dan pekerja, menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam hidupnya. Sebagai salah satu kelompok pekerja yang sangat sibuk karena saat tidak bekerja di kantor, kita menggunakan waktu untuk mengurus anak-anak. Tentunya hal ini dirasa sangat sulit untuk mendapatkan waktu luang. Namun sebenarnya working mom paling sibuk sekalipun bisa mempunyai ruang untuk ‘bernapas’ di hari paling padatnya. Kamu hanya perlu memiliki manajemen waktu yang tepat.

1. Istirahat dan Tidur

img

Jika kamu sedang tidak ada deadline pekerjaan--anak-anak sudah makan dan tidur--maka saatnya untuk memprioritaskan dirimu yaitu dengan beristirahat dan meluangkan waktu tidur. Waktu istirahat ini sangat berharga untuk mendukung fisikmu saat pekerjaan menumpuk. Jadwalkan jam tidur seperti aktivitas lainnya. Tidurlah tepat waktu sehingga kamu bisa kembali bugar pada keesokan harinya. Kamu juga harus menularkan kebiasaan tidur yang baik pada anak-anak demi kesehatan mereka.

2. Atur Waktu Kerja 

img

Jangan karena kesibukanmu yang padat, kamu malah keseringan lupa waktu. Sebelum memutuskan untuk menerima tanggung jawab baru, pertimbangkan dulu beberapa hal terkait jam kerja. Apakah peran baru akan menyita waktu cukup besar? Kamu harus mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi di saat paling sibuk. Kamu juga perlu membicarakan ini dengan atasan tentang jam kerja.

3. Manfaatkan Kekuatan Kata 'TIDAK'

img