Tri Rismaharini, Walikota Terbaik Dunia dan Diakui Internasional

Tri Rismaharini, Perempuan Hebat Indonesia Walikota Terbaik
Dok. Instagram @Trirismaharini01

Woop ingin mengucapkan: Welcome back, Ibu Risma! Selamat bertugas kembali untuk membangun kota yang lebih baik lagi.

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Tri Rismaharini? Semua orang pasti mengenalnya. Perempuan nomor satu di Surabaya yang dikenal dengan ketegasan dan keberaniannya ini baru saja keluar dari rumah sakit setelah sembilan hari dirawat karena sakit. 

Yep, Bu Risma--panggilan akrabnya-- memang sosok yang tegas dalam pemimpin kota Surabaya. Misalnya saja, beliau berani menutup tempat prostitusi terbesar di Asia Tenggara, Gang Dolly. Selain itu, berkat tangan dinginnya, beliau mampu menyulap kota Surabaya yang identik dengan polusi menjadi kota dengan seribu taman yang mendunia. Saat ini, setidaknya ada 100 taman aktif di kota Pahlawan lho.

Perempuan kelahiran Kediri 20 November 1961 ini sudah menjabat dua periode sebagai Walikota Surabaya dan sudah banyak sekali mendapatkan penghargaan Internasional. Mau tahu apa saja? 

Masuk dalam 10 perempuan inspiratif hingga dapat Ideal Mother Awards

Tercatat, Risma beberapa kali mendapat penghargaan individu. Bahkan pada tahun 2013, beliau sempat masuk majalah Forbes dalam kategori 10 perempuan inspiratif di dunia. Risma juga pernah mendapatkan penghargaan dalam Ideal Mother Awards pada Maret 2016. Penghargaan ini diberikan oleh Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) kepada para perempuan yang dianggap mampu melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat. Bangga!

Dok. Instagram @surabaya
Dok. Instagram @surabaya

Membawa kota Surabaya disegani dunia

Tidak hanya prestasi pribadi yang ditorehkan, tapi sejak kepimpinannya kota Surabaya setiap tahun selalu mendulang penghargaan. Salah satu yang menjadi langganan adalah penghargaan terhadap taman-taman di kota pahlawan ini. Bahkan, Taman Bungkul sempat mendapat penghargaan The Asian Townscape Award (ATA) 2013 dengan kategori Taman Terbaik Se-Asia dari PBB. Wow!

Selain itu juga, Surabaya dinobatkan menjadi kota terbaik se-Asia Pasifik yang kini kerap disejajarkan dengan Seoul, Yokohama, dan Makati sebagai kota yang bergengsi. Kabar terbarunya, Surabaya kembali diganjar penghargaan pada 7 Desember 2018 lalu yang mendapat predikat sebagai kota paling populer versi Online dalam City Guangzhou Award.

Baca: Model hingga Personel Band, Kehidupan Lain Menteri

Mengajak perempuan untuk tetap ingat kodratnya

Risma selalu bilang bahwa perempuan harus selalu berkreasi dan berprestasi, tapi beliau juga selalu mengingatkan pada dirinya sendiri dan seluruh perempuan untuk tidak melupakan kodratnya. Sebab, prioritas perempuan tetap kepada keluarga. 

Pentingnya perempuan untuk tetap ingat kodrat diterapkan betul oleh Risma. Di tengah kesibukkannya memimpin Kota Pahlawan, Risma masih menyempatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Dalam beberapa kesempatan, beliau terlihat memanfaatkan waktu longgarnya untuk bercengkrama dengan cucunya.

Dok. Instagram @surabaya
Dok. Instagram @surabaya

Mendapat penghargaan Innovative City of the Future di London

Pada tahun 2014 lalu, Tri Rismaharini, mewakili Surabaya mendapatkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders, dalam kategori Innovative City of the Future. Saat itu, Surabaya jadi satu-satunya kota perwakilan dari Indonesia lho. Penghargaan ini diberikan berkat penilaian dari para ahli tata kota di Eropa, karena Surabaya dinilai mengalami perubahan drastis di bawah kepemimpinannya. Selain itu, gaya kepemimpinan Risma sebagai pemimpin perempuan yang tegas dan berani melakukan gebrakan juga dipuji di acara tersebut. 

Terima penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015

Risma juga mendapatkan penghargaan sebagai sosok yang jelas terlibat langsung dalam melawan tindak korupsi pada tahun 2015. Aksi nyatanya dalam memberantas korupsi sudah dilakukannya sejak tahun 2002, saat beliau masih menjabat sebagai Kepala Bagian Bina Program Pembangunan Kota Surabaya. Kemudian, saat menjadi walikota pada tahun 2010, beliau juga telah menerapkan sistem e-government yang berkontribusi besar untuk mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. 

Walikota terbaik ketiga di dunia

Yep, berkat kerja kerasnya membangun kota Surabaya sejak 2010, Tri Rismaharini mendapatkan gelar sebagai walikota terbaik ketiga di dunia oleh The World Mayor Prize di tahun 2014 silam. Penghargaan ini diberikan oleh yayasan City Mayor yayasan non-profit walikota sedunia. 

Sebenarnya, masih banyak pencapaian dari Bu Risma yang belum Woop tulis. Meskipun begitu, kita patut bangga kepadanya! Sekarang, Woop hanya ingin mendoakan Bu Risma semoga sehat selalu...

Selanjutnya: Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu dan keluarga dengan menanamkan kebiasaan ini

Loading Facebook Comment ...