Trik Belanja yang Hanya Diketahui oleh Para Smart Shopper

Trik Belanja yang Hanya Diketahui oleh Para Smart Shopper
ISTOCK

Belanja adalah sebuah kegiatan yang harus penuh dengan perencanaan. Simak trik cerdas saat belanja. 

Yap, belanja harus pakai strategi. Jika tanpa perencanaan bisa-bisa keuanganmu yang malah menjadi ‘korban’. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus dipelajari dan dipraktekkan oleh pembeli pemula (seperti kamu mungkin).

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering berbelanja tanpa rencana? Punya banyak barang yang tidak terpakai atau tagihan kartu kredit yang membengkak setiap bulannya?  Duh, sepertinya mulai sekarang kamu harus mengubah kebiasaan buruk itu. 

Perlu diketahui bahwa sebuah perencanaan sebelum berbelanja adalah hal yang harus kamu lakukan. Dengan menggunakan strategi ini secara terus-menerus maka keuangan kita akan tetap stabil. Banyak orang yang mempraktekkan strategi ini meski pendapatan mereka tidak terlalu besar. Berikut beberapa trik belanja yang bisa kamu contek dari pembeli cerdas. 

img

Pembeli yang Cerdas Memikirkan Apa yang Ingin Dibeli

Smart shopper don’t buy on impulse. Mereka memikirkan pembelian sampai sangat yakin bahwa benar-benar membutuhkan barang tersebut. Hal ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga menjaga rumah bebas dari tumpukan barang tidak terpakai. 

Pembeli Cerdas Memiliki Anggaran 

Anggaran tidak hanya jadi pedoman bagi para smart shopper tapi sangat penting bagi mereka untuk mencegah supaya tidak terjadi overspending

Pembeli Cerdas Memilih Barang Bekas

Kamu tak selamanya membutuhkan barang-barang baru. Ada banyak barang second hand berkualitas dan masih berfungsi dengan baik. Smart shopper tahu itu! Biasakan memeriksa forum jual-beli, lapak Instagram, garage sale, dan aplikasi jual-beli barang preloved seperti Carousell. Kamu mungkin menemukan apa yang dicari hanya dengan setengah harga aslinya!