Uang Tunai VS Nontunai, Mana Sebenarnya yang Terbaik?

Uang Tunai VS Nontunai, Mana Sebenarnya yang Terbaik?
SHUTTERSTOCK

Tim manakah kamu? Uang tunai atau uang elektronik? Sebelum menjawab pertanyaan ini, cobalah untuk membaca plus minum dari kedua jenis uang ini.

Seiring kemajuan teknologi, gaya hidup kita pun ikut berubah. Salah satunya adalah dalam hal pembayaran. Jika sebelumnya, uang selalu saja ada di dalam dompet, tapi kini semuanya berbeda. Kamu lebih suka memakai kartu sebagai alat pembayaran. Berbagai kartu pun kamu miliki, seperti kartu debit, kartu kredit, bahkan adapun aplikasi menyimpan uang yang bisa kita unduh di ponsel. Namun manakah yang terbaik? Woop akan menjelaskannya untukmu..

Uang Tunai

Keunggulan:

  • Lebih mudah bertransaksi

Keungulan yang pertama dari uang tunai adalah kita bisa lebih mudah bertransaksi. Karena tidak semua tempat bisa menerima pembayaran dengan menggunakan kartu. Tidak jarang juga, ada momen dimana gangguan jaringan menjadi kendala saat kita menggunakan kartu sebagai metode pembayaran, yang membuat kita susah bertransaksi. Karena itu ada baiknya jika kamu tetap berjaga-jaga menyimpan uang tunai di dompet.

  • Utang Kecil

Yep, dengan uang tunai, kemungkinan kita berutang menjadi berkurang. Transaksi tunai pun berlangsung selesai tanpa perlu biaya tambahan.

img

Kekurangan:

  • Risiko kriminalitas

Membawa uang tunai dalam jumlah besar bisa mengundang niat jahat seseorang. Sehingga risiko kehilangan pun akan lebih sering kita dapatkan, misalnya di jambret atau ditodong menjadi ancaman yang serius. Jadi untuk itu, bawa uang tunai saja secukupnya.

  • Gampang hilang atau terselip

Apakah kamu adalah orang yang pelupa? Sehingga tidak sadar meletakkan uang sembarang di berbagai tempat yang membuatmu sering merasa kehilangan uang dengan mudahnya.

  • Tidak praktis

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak tentu terasa tidak praktis, apalagi jika kamu menerimanya dalam berbagai pecahan. Dompet terasa berat dan berantakan. Hal ini yang membuat orang lebih suka hanya membawa uang dalam bentuk kartu.