Wajib! Tanyakan 3 Hal Ini ke Bos Saat Tidak Naik Gaji

Wajib! Tanyakan 3 Hal Ini ke Bos Saat Tidak Naik Gaji
iStock

Kamu bekerja untuk mencari uang bukan? Ketika tidak ada kenaikan gaji selama kurun waktu tertentu, patut mempertanyakan tiga hal ini.

Dalam survei terhadap lebih dari 7 ribu pengusaha yang dilakukan oleh situs kompensasi PayScale, mayoritas perusahaan mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk memberikan kenaikan gaji yang berarti buat karyawan tahun ini. Bahkan hampir 70% mengatakan perusahaan hanya berencana memberikan kenaikan gaji 3% atau kurang untuk beberapa karyawan saja.

daihatsu banner

Duh, kalau begini caranya bagaimana bisa menggapai tujuan finansial yang diinginkan. Untuk itu, Lydia Frank dari PayScale menyarankan kamu agar mempertanyakan tiga hal ini kepada bos saat tidak ada kenaikan gaji. 

TANYA KENAPA

img

Kalau kamu diberitahu perusahaan tidak ada kenaikan gaji, tanya alasannya kenapa. Tidak apa-apa menggali lebih dalam mengenal hal tersebut. Pertimbangan apa saja sebenarnya yang dipikirkan atasan sehingga tak ada kenaikan gaji padahal perusahaan sudah mendapatkan laba. Pertanyaan ini menjadi hakmu dan kamu perlu tahu. 

TANYA TENTANG BONUS

img

Mungkin naik gaji sulit tapi bagaimana dengan bonus? Apa bos berencana memberikan bonus kepada karyawan tahun ini? Minimal ada yang memberimu semangat untuk bekerja. Tak harus bonus tahunan, misal kamu bisa tanyakan soal proyek pekerjaan lain apakah ada insentifnya atau tidak? Jika memang ada dan kamu mau coba maka katakan saja. Ini akan menjadi pengalaman yang baru buatmu. 

TANYA SOAL KOMPENSASI LAINNYA

img

“Perusahaan terkadang mencari cara lain untuk memberikan kompensasi kepada karyawan agar mereka tetap bahagia,” ujar Lydia.

Demi kesejahteraanmu dalam bekerja, jangan malu untuk bertanya mengenai kompensasi lain yang bisa didapatkan. Misalnya kamu sudah bekerja selama lima tahun maka akan mendapat cuti tambahan lebih besar. Mungkin bisa bernegosiasi buat kerja di rumah, atau adanya budget liburan tim.

Ketika pada akhirnya jika semua pertanyaan serta permintaan kamu ditolak, kamu perlu memikirkan pekerjaan baru. Brian Kropp selaku wakil pimpinan perusahaan riset Gartner, mengatakan bahwa pekerja yang berhenti dari pekerjaan lama mereka dan kini berada di perusahaan baru mengalami kenaikan rata-rata 15% dari penghasilan.

“Kamu tidak akan pernah mendapatkan 15% itu dengan tetap bekerja di pekerjaanmu saat ini,” kata Brian.

Selanjutnya: kerja keras bisa memberikan kebahagiaan, benarkah? 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com