Yep, Ada yang Namanya Stres Positif: Eustress

Yep, Ada yang Namanya Stres Positif: Eustress
ISTOCK
Yep, Ada yang Namanya Stres Positif: Eustress

Sedikit stres bisa membuat hidupmu lebih berarti. 

Ini satu kata yang mungkin akan kamu ulang-ulang minggu ini (dan seterusnya): eustress

Singkatnya, ada dua jenis stres (terjadi ketika seseorang merasakan ketidakseimbangan antara tantangan dan sumber yang tersedia, menurut Kathleen Gunthert, profesor psikologi, kepada TIME) yakni distress (negatif stres), dan ada eustress (positive stress). Jika distress memberikan efek negatif, maka eustress—stres dalam dosis kecil, bisa dikendalikan—ternyata ada sisi positifnya.

"... kuncinya adalah bagian pertama dari kata tersebut. Eu adalah kata dasar Yunani yang berarti 'bagus' atau 'baik,'" tulis seorang pembina karier dan hidup, Allison Task, di mindbodygreen. Sebuah penelitian di tahun 2013 pun menyimpulkan bahwa eustress berpotensi sebagai pelindung terhadap kerusakan oksidatif, yang ada kaitannya dengan penuaan dan penyakit. 

Lebih lanjut, seperti yang dilaporkan oleh TIME, berikut beberapa hal baik yang bisa terjadi ketika kamu mengalami eustress

1. Eustress Bisa Berfungsi Sebagai Penyemangat 

"Stres level medium bisa memperkuat motivasi kita," kata Gunthert. Ambil contoh, tekanan karena pekerjaan yang sudah mendekati tenggat waktu, bisa membantumu lebih fokus dan termovitasi untuk menyelesaikannya (sebelum dibombardir email dan WhatsApp dari si bos). 

2. Eustress Bisa Membuat Lebih Berani dan Percaya Diri Menghadapi Masalah

Menggunakan stres untuk menghadapi ketakutan dan tantangan juga bisa menolongmu untuk menghadapi masalah alih-alih menghindarinya, kata seorang Peter Vitaliano, seorang profesor psikiatri dan ilmu tingkah laku di School of Medicine di Universitas Washington, kepada TIME. Setelahnya, kamu tidak takut lagi, malah merasa lebih siap menghadapi masa depan. 

3. Eustress Bisa Mempererat Hubungan

Membicarakan apa yang membuatmu tertekan tidak hanya melegakan, tapi juga mempererat hubungan personal yang merupakan salah satu kunci kesehatan mental. 

4. Eustress Membuat Hidupmu Lebih Berarti

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Dan hal tersebut adalah bagian dari proses pembelajaran hidup. Saat pada akhirnya kamu bisa melaluinya, rasanya pasti sangat membanggakan. "Yang paling kita banggakan dan paling bermakna di dalam hidup kita biasanya adalah [bisa melalui] hal-hal yang sulit," kata Gunthert. "Jika kita meniadakannya, hidup kita akan kurang berarti." 

Selanjutnya: Jangan sampai acara keluarga tahunan yang harus kamu hadiri membuatmu tertekan dan sedih—karena kamu masih jomblo! Ini trik melalui dan tetap menikmatinya.