Sunday, 16 December 2018

3 Tips Keuangan Melalui Akhir Tahun Tanpa Bangkrut

img detail
ISTOCK

Tabunganmu pun aman.

Beli kado itu. Beli hiasan ini. Beli baju baru untuk diri sendiri. Jika kamu merasa cemas dengan pengeluaranmu di bulan ini—tenang, kamu tidak sendiri. Dan tidak perlu tegang juga karena ketika kamu melakukan tiga tips sederhana ini, kemungkinan besar keuanganmu akan baik-baik saja (bahkan tabunganmu tidak akan berkurang banyak). 

1. Miliki Strategi Belanja 

Saran ini setua angkasa raya, tapi satu hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana pengeluaran apa pun yang ingin kamu beli akhir tahun ini, termasuk dekorasi, hadiah dan makan restoran. Pastikan melakukan rekam jejak setiap pembelian; bila perlu gunakan aplikasi yang akan membantumu menghitung semuanya. Jika kamu sulit mematuhi rencana tersebut (berkaca dari pengalaman), tinggalkan kartu debit atau kredit di rumah dan bawa uang tunai. 

2. Manfaatkan Segala Sesuatu yang Sudah Ada 

Salah satu kebijakan yang berdampak besar pada penghematan adalah tidak mengubah gaya hidup gila-gilaan. Jika ada begitu banyak undangan yang harus kamu hadiri, bongkar lemarimu untuk melihat apakah ada hidden gem yang terlupakan atau pinjam baju dari teman. Manfaatkan kemampuan kreativitasmu untuk membuat sesuatu dari gaun, rok, celana yang sudah lama menjadi... wuiiih lagi. 

3. Jika Segala Sesuatu Sudah Dilakukan, Kredit Kartu Bisa Membantu

Ketika semua hal sudah diterapkan untuk menghemat tapi masih membutuhkan dana ekstra, kartu kredit boleh dipergunakan. Tidak perlu merasa bersalah. Meski idealnya memang tidak disarankan untuk lebih besar pasak daripada tiang, paling tidak kamu sudah berusaha! Akan tetapi ada syaratnya: jika kamu ingin membeli sesuatu dengan kartu kredit, batasi dan buatlah komitmen untuk membayarnya kembali setelah liburan berakhir. 

Selanjutnya: Tips dandan pesta ini dijamin membuatmu tidak perlu belanja, dan tetap gaya. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR