Tanya Dokter : Apakah Pore Pack Efektif Atasi Komedo?

Tanya Dokter : Apakah Pore Pack Efektif Atasi Komedo?
ISTOCK

Dari arti, penyebab, cara mengatasi, dan mencegah komedo serta apakah pore pack bisa menghilangkan komedo.

WOOP.ID - Pada dasarnya, komedo merupakan bintik kecil yang muncul di permukaan kulit disebabkan oleh clogging atau sumbatan pada folikel rambut (karena produksi kelenjar minyak yang berlebih).

Komedo dapat berwarna putih maupun hitam, dan komedo hitam ini disebut blackheads karena permukaannya yang memang berwarna hitam. Komedo ini sebenarnya juga bisa muncul di permukaan kulit yang lain, seperti di punggung, lengan, dada, leher, dan bahu.

WOOP mengobrol dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dr.Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK, MHA, tentang seluk-beluk komedo.

Jawaban Dokter Spesialis Kulit Terkait Komedo

Bagaimana komedo bisa terbentuk di wajah?

Jerawat di Hidung
Komedo di Hidung

Adanya kelebihan minyak pada permukaan kulit yang terperangkap pori-pori, adalah penyebabnya. Sebenarnya, komedo sendiri adalah bentuk jerawat ringan.

Baca: Ini 5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Tubuh

Perbedaan antara komedo dengan jerawat sendiri adalah jerawat mengalami proses peradangan atau inflamasi, sedangkan komedo tidak mengalaminya.

Jika komedo mengalami luka lalu terinfeksi Propionibacterium acne (bakteri penyebab jerawat), komedo tersebut kemudian bisa berkembang menjadi jerawat karena sel-sel keratin mengalami hiper produksi yang menutup pori-pori kulit.

Apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan timbul komedo?

Manfaat Minyak Zaitun - Mengobati jerawat
kebiasaan yang bisa menyebabkan timbul komedo

Penyebab utama komedo memang dikarenakan produksi sebum (minyak) di wajah yang berlebihan.

Namun terdapat beberapa penyebab lain yang juga sangat berpengaruh, misalnya tidak membersihkan wajah dengan benar setelah memakai makeup, kurang mengkonsumsi air putih, melakukan scrubbing yang berlebihan pada kulit wajah, atau terlalu banyak kulit mati di wajah yang menutup pori-pori kulit.

Bagaimana cara mengatasi komedo?

Manfaat Sabun Pepaya - Pembersih Wajah
Pembersih Wajah

Pengobatan topikal cukup disarankan. Banyak obat untuk segala jenis jerawat yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Obat bisa tersedia dalam bentuk krim, gel, atau tempelan, dan bisa diterapkan langsung pada kulit. Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebihan, dan membuat kulit merontokkan sel kulit mati.

Baca: Cara Super Praktis untuk Menghilangkan Komedo

Bila obat-obatan bebas tidak berfungsi maksimal, kunjungi dermatologis dan ia akan memberikan obat-obatan khusus yang berfungsi mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit.

Selain obat, peeling atau ekstraksi komedo juga dianjurkan. Namun ingat, jangan pernah lakukan sendiri! Pergilah ke dermatologis atau dokter spesialis kulit terdekat.

Dermatologis akan memakai alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujung untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo. Selain itu, alat pengikis kulit khusus juga bisa digunakan untuk membuang sel kulit mati pada permukaan kulit.

Di pasaran banyak tersedia pore pack untuk komedo, apakah produk itu cukup efektif?

Tergantung kondisi komedonya. Pore pack akan berfungsi, jika komedo yang ingin diekstraksi belum terlalu dalam.  

Kalau komedo sudah dalam, lebih baik mengunjungi dokter kulit atau menggunakan obat untuk menghilangkannya.

Adakah cara mencegah komedo?

Manfaat Sabun Pepaya - Mengurangi Jerawat
Cara Mencegah Komedo

Oleh karena komedo sangat berhubungan dengan kondisi hormonal, maka kondisi hormon tubuh harus selalu dijaga. Produksi sebum banyak terjadi di wajah, maka menjaga kebersihannya harus menjadi prioritas utama dalam mencegah tumbuhnya komedo.

Scrubbing untuk membuang sel-sel kulit mati juga baik dilakukan, sekali seminggu saja, karena jika terlalu sering, sel kulit yang baik juga akan terbuang.

Baca: Review Benton Aloe BHA Skin Toner – Ampuh Hilangkan Komedo