5 Trik Membuat Alpukat Matang Lebih Cepat

5 Trik Membuat Alpukat Matang Lebih Cepat
ISTOCK

Avoca-tadaa. 

Legenda setua Bumi: ketika kamu ngidam jus alpukat, tapi ketika mampir ke supermarket, disambut tumpukan alpukat sekeras kepala Mark Zuckerberg. Nuh-uh, tahan diri membeli jus alpukat siap sedot yang bahan-bahannya tidak jelas itu. Beli alpukat masih mentah itu dan lakukan satu dari lima trik ini. Dijamin, alpukat tersebut akan matang dan lembut dengan cepat. Dan jus alpukat yang kamu inginkan itu tidak lagi hanya ada di angan-anganmu. 

Cara 1: Gunakan kantong kertas cokelat

Baru saja membeli buah alpukat sekeras kepala pasanganmu, padahal akhir pekan ini jadwal membuat smoothie alpukat? Tidak perlu panik. Masukkan buah tersebut ke dalam kantong kertas cokelat, gulung dan tutup lalu simpan di dapur. FYI, alpukat memproduksi gas ethylene, yang biasanya dilepas pelan-pelan untuk membuat buah ranum. Untungnya kamu bisa mempercepat proses ini dengan memasukkan alpukat ke dalam kontainer yang akan menyerap gas tersebut (kantong kertas paling pas karena membiarkan buah 'bernafas'). Dengan melakukan ini, seharusnya alpukatmu siap santap dalam beberapa hari (jangan lupa dicek secara berkala). 

Cara 2: Gunakan buah lain 

Ulangi proses yang sama seperti di atas, tapi tambahkan pisang atau apel ke kantong kertas untuk menggandakan perilisan gas ethylene. Oleh karena buah-buah tersebut juga melepaskan ethylene, alpukat bisa matang lebih cepat. 

Cara 3: Penuhi kantong kertas dengan tepung atau beras

Masukkan tepung (atau beras) ke dalam kantong kertas (kira-kira 5cm), lalu letakkan alpukat ke dalamnya. Jangan lupa untuk menutup kantong dengan rapat. Metode ini memastikan jumlah gas ethylene terpusat di sekitar buah, dan juga memastikan alpukat tidak berjamur dan memar. 

Cara 4: Gunakan oven 

Bungkus alpukat dengan tinfoil dan letakkan di atas loyang. Masukkan ke dalam oven yang bersuhu 200°F (sekitar 93,3°C) selama 10 menit, atau sampai alpukat lembut (tergantung pada kekerasannya, terkadang butuh satu jam). Saat alpukat dimasak di dalam tinfoil, gas ethylene akan mengelilinginya, mempercepat proses kematangannya. Setelahnya keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga dingin dan siap dinikmati.

Cara 5: Gunakan tisu

HALAMAN
12