Ini 6 Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tetap Cantik dan Gak Mudah Mati!

Sebelum Nyesel! 6 Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tetap Cantik
6 Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tetap Cantik

Ditengah pandemi ini, merawat ikan cupang memang sedang populer banget. Jangan asal merawat aja, berikut cara-cara merawatnya yang benar!

WOOP.ID - Tren memelihara ikan cupang memang sedang populer mulai saat pandemi berjalan. Ditengah pandemi ini beberapa hal yang membuat orang-orang mulai tertarik memelihara ikan hias cupang ini karena bentuknya yang indah, tapi cara merawatnya cukup mudah.

Tapi ingat, walaupun mudah cara perawatan yang kurang apik bisa membuat sirip ikan cupang kamu cepat rusak. Padahal keindahan ikan cupang kan ada di sirip dan warnanya. Dan jangan sampai juga karena kamu salah langkah dalam merawat, ikan kamu malah mati.

Nah, daripada kamu salah merawatnya, mending pantengin tips merawat ikan cupang yang sudah dirangkum Woop yuk!

5 Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tetap Cantik dan Gak Mudah Mati

1. Bersihkan Wadah Secara Rutin

Untuk memelihara ikan cupang, kamu harus bertanggungjawab dalam membersihkanw adahnya secara rutin. Apabila wadahnya kotor, risiko ikan cupang terkena penyakit dan rusak siripnya akan tinggi.

Jangan lupa bersihkan wadahnya tiga hari sekali. Kalau kamu termasuk orang yang sibuk, setidaknya kamu harus bersihkan wadahnya seminggu sekali untuk merawat ikan cupang kamu.

2. Beri Makanan Pakan Basah

Makanan yang bisa dimakan ikan cupang adalah kutu air, udang daun jati dan daun ketapang. Tipsnya, berilah makan cupang sedikit demi sedikit. Kalau sudah habis, tambahkan sedikit lagi dan jangan terlalu banyak.

Soalnya kalau kebanyakan, kemungkinan wadah ikan cupang kamu kotor akibat makanan yang enggak abis. Karena memang pada dasarnya ikan cupang enggak terlalu banyak makan. 

3. Jangan digabungkan Dalam Satu Wadah

Apabila kamu mempunyai ikan cupang jantan, tips merawat ikan ini wajib banget kamu ikuti. Pisahkan ikan yang jantan dengan ikan betina, karena iakn cupang jantan dan betina kalau disatukan mereka bisa beradu Kamu diperbolehkan untuk menyatukannya dalam satu wadah kalau saat musim kawin datang.

4. Tambahkan Garam Khusus Ikan dalam Wadah

Garamnya enggak boleh garam dapur yang biasa kamu gunakan untuk memasak, ya. Garamnya yang khusus untuk ikan hias yang fungsinya untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang kamu.

Garam ini bisa membantu untuk menyembuhkan luka dan membuat stabil metabolisme tubuh ikan cupang kamu. Ingat, jangan terlalu banyak menaburkan garamnya ya, cukup taburkan 0,1% dari air dalam akuariumnya saja.

5. Jangan Pegang Badan Ikan saat Dipindahkan