Pendaki Pemula, Siapkan Beberapa Tools Ini Untuk Naik Gunung!

Tools Naik Gunung Untuk Pemula
Tools Naik Gunung Untuk Pemula

Sebelum naik gunung tentunya kamu harus persiapkan segala kebutuhan peralatannya, jangan lupa beberapa tools ini ya!

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, hutan, gurun, laut hingga gunung adalah objek yang sangat menarik untuk dijelajahi dan mendekatkan diri ke alam.

Untuk kamu yang termasuk para pemula atau baru saja memasuki kegiatan di alam seperti mendaki gunung, hiking, dan menjelajah alam tentunya harus paham terlebih dulu tools atau peralatan apa saja yang harus disiapkan dan dibawa saat ingin naik gunung khususnya.

Agar pendakian kamu berjalan lancar dan tidak kekurangan satu pun perlengkapan kamu harus benar-benar mengetahui barang apa saja yang harus kamu bawa. Berikut Woop berikan beberapa tools naik gunung untuk pemula, dicatat yaa!

Tools Naik Gunung Untuk Pemula

1. Alat Navigasi

Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Alat Navigasi
Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Alat Navigasi

Alat navigasi adalah kunci yang sangat penting saat kamu akan mendaki, karena kamu dapat mengetahui segala arah dari alat tersebut, saat ini juga sudah banyak aplikasi navigasi offline yang dapat digunakan para pendaki. Global Positioning System atau yang biasa kita kenal dengan singkatan GPS berfungsi untuk melihat jalur pendakian, mengetahui lokasi, dan untuk mencari pendaki yang tersesat atau hilang. Menurut informasi yang dilansir dari pendakiindonesia.com, terdapat 3 aplikasi offline yaitu GPX Viewer, Maverick Pro dan Back Country. Dengan GPX Viewer kamu bisa mengetahui informasi detail tentang lokasi kamu berada, seberapa jauh kamu dari tujuan, profil kemiringan dan waypoint, tetapi terkadang basemap tidak muncul. Selanjutnya dengan tampilan sederhana, Maverick Pro berfungsi untuk membuat jalur dan melihat peta kontur. Dan, BackCountry yang memiliki kelebihan yaitu fitur yang cukup lengkap dibandingkan aplikasi-aplikasi GPS lainnya.

2. Raincoat

Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Raincoat
Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Raincoat

Raincoat sangat bermanfaat dikala kamu sedang melakukan pendakian, agar kamu bisa terlindung dari curah hujan yang tinggi di gunung. Berikut adalah tips dalam memilih jas ujan yang sesuai untuk mendaki gunung: 

  • Pilihlah jas hujan dengan model setelan (atas dan bawah)
  • Pilih jas hujan yang tahan air dan mudah kering, direkomendasikan bahan yang memiliki ketahanan terhadap tekanan air hingga 20.000 mm, agar nyaman pilihlah jas hujan dengan permeabilitasnya sekitar 20.000 g.
  • Pilih jas hujan dengan bahan yang berkualitas, tidak harus bermerek, sepintar-pintarnya kamu mencari produsen yang menggunakan bahan bagus, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Pilih jas hujan yang mempunyai ventilasi udara di sisi kiri dan kanannya
  • Pilihlah jas hujan dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuh kamu

3. Perlengkapan Camping

Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Perlengkapan Camping
Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Perlengkapan Camping

Berikut adalah perlengkapan camping yang penting harus dibawa saat kamu ingin melakukan pendakian:

  • Bawalah tenda yang tidak mudah sobek, lentur dan harus kokoh dengan bahan yang diusahakan berjenis ultralight (ringan)
  • Sleeping bag, benda ini wajib setiap orang bawa dan memakainya saat tidur
  • Matras, untuk berjaga-jaga agar tenda tidak embun saat tidur
  • Kompor, Biolate Campstove dengan membawa kompor portable ini kamu bisa menggunakannya untuk memasak dan mengisi daya ponsel.
  • List kebutuhan makan, air dan snack sesuai untuk beberapa hari sesuai rencana kamu mendaki
  • List pakaian dan jaket sesuai fungsinya
  • Pisau lipat, first aid kits, survival kits, navigation tools, ekstra batre, headlamp, peluit, power bank
  • Peralatan masak, seperti kompor dan bahan bakar, nesting, wadah air
  • Peralatan makan, piring, sendok, gelas, dan lain sebagainya.
  • Beberapa bahan makanan atau camilan
  • Kantong plastik sampah, jangan sampai kita meninggalkan sampah saat sedang bermalam maupun mendaki di gunung yaa, Woop Ladies!

Baca juga: Mau Naik Gunung? Nih Baca Tips untuk Kamu Pendaki Pemula

4. P3K

Tools Naik Gunung Untuk Pemula - P3K
Tools Naik Gunung Untuk Pemula - P3K

Kamu tentunya harus selalu berjaga untuk segela kemungkinan dan kondisi, untuk itu wajib hukumnya membawa obat-obatan. Karena saat kamu sedang dalam pendakian belum tentu kamu akan dengan mudah mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisimu saat itu. Contoh-contoh obat yang bisa kamu bawa kassa, plester luka, alcohol, betadine, obat demam, pusing, flu dan batuk, obat maag, obat asam lambung, vitamin dan lainnya.

5. Korek Api

Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Korek Api
Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Korek Api

Korek api merupakan benda yang harus selalu siap sedia pada saat mendaki gunung. Fungsi utamanya memang sebagai sumber api tetapi juga menjadi penyelamat kita. Korek api yang harus kamu bawa juga bukan jenis korek api pada umumnya yang sering digunakan tetapi berjenis fire starter khusus untuk kegiatan outdoor. Diantara lain fungsinya adalah sebagai penerangan sementara, digunakan untuk kegiatan memasak, dan digunakan untuk membuat api unggun.

6. Pisau Lipat

Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Pisau Lipat
Tools Naik Gunung Untuk Pemula - Pisau Lipat

Pisau lipat adalah alat yang multifungsi pada saat pendakian. Dapat digunakan untuk alat memasak seperti memotong rempah-rempah, sayuran, menjadi alat pertahanan untuk menjaga diri bilamana bahaya datang, dan untuk memotong tali.

7. Internet yang Mencakupi Area Gunung

Mountable (Smart Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area) merupakan sebuah sistem pemantauan, komunikasi, dan informasi di area tanpa sinyal seluler dan tanpa internet, khususnya pada area pendakian gunung. Mountable merupakan satu-satunya penyedia layanan keamanan dan keselamatan pendakian gunung di Indonesia yang di buat oleh Sivitas Akademika UI. 

Nah, itu dia beberapa tools naik gunung untuk pemula, semoga membantu buat kamu yang ingin mendaki gunung pertama kali. Selamat mendaki dan bereskplorasi, Woop Ladies!

Selanjutnya: