Bisa Jadi Rapunzel Melakukan 4 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Ini

Bisa Jadi Rapunzel Melakukan 4 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Ini
ISTOCK

Semuanya alami, tanpa sihir.

Yep, kamu selalu bisa menelan suplemen penumbuh rambut, tapi bayangkan betapa banyak zat-zat kimia lain yang terdapat di dalamnya dan masuk ke dalam tubuhmu dan menimbulkan efek samping (rambut bercabang atau menipis, misalnya). Itu, ditambah bahwa sebenarnya belum ada kesimpulan final apakah suplemen rambut memang efektif atau sebaliknya untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Nah, seandainya, keinginanmu agar rambut tumbuh cepat bukan ala simsalabim abrakadabra (baca: super instan), dan memiliki level kesabaran sepertiga dari Rapunzel, ada baiknya mencoba metode natural berikut ini. 

NIKMATI BUAH SITRUS

Seperti yang kita tahu buah sitrus merupakan sumber vitamin C yang behat, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sangat membantu menumbuhkan rambut karena kemampuannya menjaga dan melindungi sumber-sumber kolagen, yang seperti para ahli bilang, adalah kunci pertumbuhan rambut. 

OLESKAN MASKER KUNING TELUR

Ya ampun, ini rambut kok sudah bercabang bahkan sebelum menyentuh leher! Ah, kalau begitu, kuning telur adalah penolongmu. FYI, telur mengandung lecithin dan protein yang menguatkan, memberikan nutrisi dan memperbaiki helai-helai rambut yang rusak. Oh, oh, bahkan bisa membantu permasalahan ketombe berkat kandungan sulfurnya yang tinggi. 

Akhir pekan ini, buat sendiri masker ini: campurkan dua telur dengan dua sendok makan minyak zaitun. Jika menurutmu terlalu lengket, tambahkan setengah gelas air ke dalam campuran masker. Aplikasikan masker langsung ke rambut yang kering, dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bersihkan dengan sampo dan kondisioner (seperti biasa) agar helai rambut lebih kuat. 

PIJAT KULIT KEPALA DENGAN MINYAK ROSEMARY

Bahkan baru membaca kalimat di atas, sudah membuat kita merasa lebih baik; sulit mencari tandingan perasaan nikmat ketika kulit kepala disentuh dan dipijat. Terlebih lagi, sebenarnya sebuah cara yang sederhana untuk menstimulasi pertumbuhan rambut di rumah adalah dengan memberikan kulit kepala sedikit perhatian (baca: pijatan)—ini akan melancarkan peredaran darah di daerah tersebut, menguatkan akar rambut, dan membantu folikel rambut menyerap nutrisi lebih cepat. 

Tidak ada yang salah dengan memijat rambut dalam kondisi kering, tapi dengan menambahkan minyak kaya nutrisi bersamaan dengan gerakan-gerakan sayang tersebut akan menggandakan manfaatnya. Minyak rosemary, misalnya. sudah digunakan selama berabad-abad untuk menstimulasi pertumbuhanan rambut. Minyak ini melebarkan pembuluh darah sehingga mendorong para folikel rambut untuk memproduksi folikel baru. Oh, untuk pemilik rambut kering, cukup melakukan ini sekali seminggu saja. 

KONSUMSI LEMAK SEHAT

HALAMAN
12